Pendampingan Psikososial Anak Korban Bencana di Sekolah Alam Manusak

  • Engelbertus Nggalu Bali(1*)
    Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Irul Khotijah(2)
    Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Stevanya Wollo(3)
    Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Sartika Kale(4)
    Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Vanida Mundiarti(5)
    Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pendampingan Psikososial, Anak, Korban Bencana

Abstract

Bencana yang terjadi di sekolah Alam Manusak menimbulkan trauma yang mendalam dan tekanan emosional bagi anak-anak. Semenjak bencana terjadi anak-anak di beberapa posko bencana mengalami gangguan psikologis diantaranya mengalami stres, gelisa, takut, cemas, Anak Jadi Pemurung, dan emosi tidak stabil. Tujuan pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah untuk membantu anak-anak korban bencana siklon tropis (Seroja) yang mengalami dampak psikis diantaranya adalah, trauma, takut, cemas, gelisah dan sedih. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah studi pendahuluan, indentifikasi metode, pelaksanaan dan evaluasi.  Hasil menunjukan bahwa kegiata pedampingan psikososial kepada anak dengan menggunakan metode beryanyi, metode, bermaindan metode bercerita sangat efektif dalam meminimalasisir gangguan psikologis anak yang korban bencana.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-11-18
Section
Articles