Pelatihan Penyediaan Objek Biologi untuk Kegiatan Pembelajaran di SMA
Abstract
Guru dituntut untuk mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa memecahkan masalah-masalah dan menemukan konsepnya sendiri. Hal ini akan dapat dicapai bila guru dapat memberikan pengalaman tentang gejala atau fakta, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebagai pijakan guru dalam membimbing peserta didik menemukan pemahamannya sendiri. Tujuan kegiatan PKM ini adalah selain memperkaya pengalaman guru dalam mengenali objek dan fenomena biologi, dan menyusun kegiatan yang sederhana, cepat dan murah, juga untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun rancangan pembelajaran yang dapat membelajarkan peserta didik, sehingga mereka mampu menarik konsep dari fakta-fakta yang disajikan. Target khusus kegiatan PKM ini adalah guru-guru Biologi SMA di Kota Kupang yang tergabung dalam Ikatan Alumni Pendidikan Biologi sebanyak 20 orang. Metode pelaksanaan PKM berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek. Pemberian materi pertama yaitu tentang pentingnya praktikum untuk meningkatkan psikomotor siswa. Selanjutnya pemberian materi kedua yaitu pelatihan pembuatan obyek biologi tentang pewarisan sifat yang dikendalikan oleh poligen dan pembuatan preparat tumbuhan, dilanjutkan praktek dan demonstrasi. PKM ini dilaksanakan selama 2 hari dan mendapat respon positif dari guru-guru.