Pendampingan Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Nekamese
Abstract
Salah satu kajian Pendidikan Luar Sekolah adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dimana pendidikan ini bertujuan untuk membimbing dan mendampingi perkembangan anak secara menyeluruh sehingga mampu tumbuh secara optimal. Pendidik di lembaga PAUD harus memperhatikan kualitas pendidikan yang dirancang agar diperoleh layanan pendidikan yang berkualitas dan akuntabel. Permasalahan yang ditemukan adalah perbedaan persepsi serta ketakutan lembaga PAUD dalam menghadapi akreditasi lembaga PAUD. Tujuan dan tolak ukur keberhasilan kegiatan ini adalah lembaga PAUD mampu memenuhi standar-standar pengelolaan PAUD dan persiapan menghadapai akreditasi serta lembaga PAUD mampu menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kepentingan akreditasi. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan dilanjutkan dengan sesi diskusi lalu ditutup dengan demonstrasi mengunggah dokumen ke Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA). Indikator tersebut berhasil dicapai karena kegiatan mampu memberikan kontribusi positif bagi lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Nekamese dalam memenuhi standar-standar pengelolaan PAUD dan persiapan menghadapai akreditasi serta sekaligus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kepentingan kegiatan akreditasi.