Pelatihan dan Pendampingan Penyelesaian Soal-soal Matematika Tingkat Tinggi bagi Guru SD di Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

  • Siprianus Suban Garak(1)
    Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusa Cendana
  • Damianus D. Samo(2*)
    Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: berpikir tingkat tinggi, pelatihan dan pendampingan

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada guru sekolah dasar tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi, tipe soal matematika tingkat tinggi, serta strategi penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi. Jumlah guru yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 56 guru sekolah dasar kelas tinggi (kelas 4 – 6). Metode kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan mandiri, dan pemaparan hasil. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu 1) penyampaian materi oleh narasumber mengenai konsepsi berpikir tingkat tinggi dalam taksonomi Bloom, level soal matematika tipe berpikir tingkat tinggi, serta strategi penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi; 2) latihan mandiri penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi; 3) pemaparan hasil penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi, dan 4) evaluasi pemahaman guru. Selama kegiatan, para guru antusias mengikuti materi, berdiskusi, dan mencoba-mencoba berbagai strategi untuk menyelesaikan soal, serta menyajikannya kepada rekan guru lainnya secara klasikal. Pengalaman ini memberikan wawasan baru bagi guru tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi, jenis soal matematika tingkat tinggi, serta strategi pemecahannya, dengan demikian keterampilan tersebut dapat menjadi bekal yang dapat membantu guru mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk mengakses keterampilan berpikir matematika tingkat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-11-18
Section
Articles