Pelatihan Keterampilan Mengajar sebagai Bekal Mewujudkan Program Merdeka Belajar bagi Calon Guru PPKn di Prodi PPKn, FKIP, Universitas Nusa Cendana
Abstract
Permasalahan calon guru di Prodi PPKn dan upaya mewujudkan Program Merdeka Belajar Kemdikbudristek adalah juga merupakan tugas dan tanggung jawab FKIP Undana termasuk Prodi PPKn di dalamnya sebagai LPTK penghasil guru untuk kebutuhan guru di Indonesia pada umumnya dan NTT pada khususnya. Calon guru di didik untuk menguasai kompetensi sebagaimana halnya seorang guru profesional, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Ketrampilan mengajar merupakan bagian dari kompetensi yang harus dimiliki seorang calon guru maupun guru tersebut, begitu juga calon guru PPKn diperhadapkan dengan era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 dituntut untuk mampu mengelola dan menguasai kelas dengan menerapkan keterampilan-keterampilan mengajar yang adaptif dalam mendukung program merdeka belajar. Tujuan PKM ini ialah adanya peningkatan kemampuan dan keterampilan mengajar sebagai bekal mewujudkan Program Merdeka Belajar bagi calon guru PPKn di Prodi PPKn FKIP, Universitas Nusa Cendana. Metode yang diterapkan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, metode Simulasi digunakan untuk mensimulasi 8 (delapan) ketrampilan dasar mengajar guru menurut C.Turney (1973) dalam bukunya “Sydney Micro Skills” dan menerapkan metode Among.