Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru-Guru SDF St. Arnoldus Penfui dan SDN Angkasa Penfui

  • Patrisius Afrisno Udil(1*)
  • Wara Sabon Dominikus(2)
    Undana
  • Irna K. S. Blegur(3)
    Undana
  • Fransiska Atrik Halim(4)
    Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran matematika realistik, pembelajaran kontekstual, perangkat ice berg

Abstract

Pembelajaran matematika Sekolah Dasar (SD) masih didominasi pembelajaran yang bersifat abstrak, menggunakan metode ceramah, dan tidak kontekstual. Pembelajaran yang relevan dengan tingkat berpikir siswa dan sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari masih jarang dilakukan. Sehingga perlu adanya suatu upaya untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran matematika realistik (PMR) yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami konsep. Adapun kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan berjalan dengan baik dengan antusias peserta yang tinggi. Selain itu, pada akhir kegiatan guru mampu memahami dengan baik serta mampu merancang suatu perangkat pembelajaran matematika realistik bagi siswa SD dalam bentuk perangkat pembelajaran ice berg.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-11-30
Section
Articles