PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DAN DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TITL

  • Opi Helmi Polin(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • I Made Parsa(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Zet Y. Baitanu(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Simulasi, Demonstrasi, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :1) Untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 1 Kupang Barat setelah menggunakan metode simulasi pada mata pelajaran Instalasi penerangan. 2) Untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 1 Kupang Barat setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Instalasi penerangan. 3) Untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 1 Kupang Barat setelah menggunakan metode simulasi dan metode demonstrasi pada mata pelajaran Instalasi penerangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahdengan menggunakan teknik tes.
Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesisdengan analisis regresi sederhana dan uji independent t-test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution ( SPSS ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi Nilai rata-rata kelas simulasi sebesar 88,77 dan kelas demonstrasi 84,50. Selisih antara keduanya adalah 4,27. Maka dapat disimpulkan bahwa
rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode simulasi lebih tinggi dibanding ratarata hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode demonstrasi. Hasil perhitungan uji hipotesis
tersebut diperoleh hasil sebagai berikut:thitung =-12,337 dan didapatkan nilai= 2.75639 dengan df = 60 karena thutng ˂ttabel(-12,337 ˂ 2.75639) dengan nilai signifikan < 0.005 (0.000 < 0.005) . thitung= -12,271 dan
didapatkan nilai= 2.75639 dengan df = 60 karenathitung ˂ttabel(-12,271 ˂ 2.75639) dengan nilai signifikan < 0.005 (0.000 < 0.005).

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-11-10