EVALUASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LATAR BELAKANG SEKOLAH TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NUSA CENDANA

  • Jacinto Soares(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • I Made Parsa(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Frans F. G. Ray(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Motivasi Belajar, Latar Belakang Sekolah, Indeks Prestasi Akademik

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa (2) apakah ada pengaruh latar belakang sekolah terhadap indeksprestasi akademik mahasiswa (3) apakah ada pengaruh motivasi belajar dan latar belakang sekolah secara bersama-sama terhadap indeks prestasi akademik. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis Evaluasi Research, dengan pengambilan anggota sampel menggunakan sampling insidental dimana pemilihan anggota sampel dipilih secara insidental/kebetulan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan studi dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian mengevaluasi pengaruh motivasi belajar dan latar belakan sekolah terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan pendidikan teknik elektro menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh tidak signifikan terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa dimana nilai thitungsebesar 0,564 dengan signifikan 0,574 dan hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 1,985. Maka thitung< ttabel (0,564 < 1,985) . (2) Latar belakang sekolah berpengaruh tidak sinignifikan terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa dengan nilai sebesar 0,356 dengan signifikansi 0,722 dan hasil yang diperoleh untuk sebesar 1,985. Maka < (0,356 <1,985). (3) motivasi belajar dan latar belakang sekolah secara bersama-sama berpengaruh tidak signifikan terhadap indeks prestasi akademik dimana hasil analisis regresi ganda dengan menggunakan uji F diperoleh nilai Fhitung Ftabel (0,183 < 3,09).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jacinto Soares, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana

I Made Parsa, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana

Frans F. G. Ray, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana

PlumX Metrics

Published
2018-11-30
Section
Articles