CHARACTERISTICS OF ORCHIDS HOST TREES AND DIVERSITY OF EPIPHYTIC ORCHIDS (Orchidaceae) IN LUNUNIANAM PROTECTED FOREST, FATU'ULAN VILLAGE, KI'E DISTRICT, SOUTH CENTRAL TIMOR REGENCY, EAST NUSA TENGGARA PROVINCE

  • Karmila Abe(1*)
    Mahasiswa
  • Mamie Pellondo’u(2)
  • Astin E Mau(3)
  • (*) Corresponding Author

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pohon inang anggrek,  keanekaragaman anggrek (Orchidacea) epifit dan pelestarian pohon inang dan anggrek epifit pada kawasan hutan lindung Lununianam. Penelitian ini dilaksanakan di Hutan Lindung Lununianam, Desa Fatu’ulan, Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang dilakukan selama 1 bulan yaitu dari bulan November sampai dengan Desember 2022. Penelitian ini menggunakan metode porpusive sampling, survei dan jalur jelajah dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data pohon inang diolah dengan menggunakan rumus analisis vegetasi dan data anggrek diolah menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon wiener (H’).

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 spesies pohon inang yang ditemukan dalam lokasi penelitian yakni jambu hutan (Syzygium pycnanthum), Matani (Pterocarpus indicus), Tahi (Celtis wightii planch), Kamala (Mallotus philippensis), Jenitri (Elaeocarpus ganitrid). Pohon inang yang di temukan hutan Lindung Lununianam memiliki karakteristik kulit batang yang besar keras dan kasar, memiliki tinggi kisaran 12-30 m, dan kulit batang ditumbuhi lumut, Hasil analisis vegetasi jenis pohon inang dengan Indeks Nilai Penting tertinggi yakni Syzygium Pycnanthum dan Elaeocarpus ganitrus memiliki Indeks Nilai Penting terendah. Anggrek yang ditemukan pada plot sampling di Hutan Lindung Lununianam terdapat 8 jenis anggrek epifit yaitu Dendrobium Sp, Vanda insignis, Eria multiflora, Flickingeria grandiflora, Trichoglottis bipenicillata, Pholidota carnea, Appendicula reflexa Blume, dan Ceologyne speciosa. Hasil perhitungan indeks keanekaragaman Shannon wiener sebesar 1,57 (H’) yang tergolong sedang (1<H’<3). Jenis anggrek yang paling banyak ditemukan adalah jenis Eria multifora dengan jumlah 168 individu dan jenis yang sedikit ditemui adalah Appendicula reflexa Blume berjumlah 4 individu.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

PlumX Metrics

Diterbitkan
2023-12-14
Bagian
Articles