Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM <p>Jurnal Communio is an open-access journal published by&nbsp; Universitas Nusa Cendana, Kupang, East&nbsp;Nusa&nbsp;Tenggara Province-Indonesia with ISSN 2252-4592 (printed) and 2745-5769 (online). Jurnal Communio has been accredited at rank SINTA 3 by the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology according to Decree (SK) No. 152/E/KPT/2023 on 25 September 2023, starting from Volume 12 no. 1 of 2023 until Volume&nbsp; 16 no. 2 of 2027.&nbsp;&nbsp;</p> <p>The Journal aims to develop and publish various scientific perspectives on communication based on the results of studies (field research) including mass communication, public relations, intercultural communication, tourism communication, and other topics that are similar or relevant to the field of communication. The Jurnal Communio provides free access to articles online and reimbursement for the printed edition.</p> en-US felisianus.efrem.jelahut@staf.undana.ac.id (Felisianus Efrem Jelahut, M.I.Kom) jikom@undana.ac.id (Dr. Petrus A. Andung, S.Sos., M.Si) Tue, 23 Jan 2024 07:40:19 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Kegiatan Campaign #Seethebeautyinverydaythings Di Tiktok Terhadap Brand Awareness Produk ScarlettWhitening https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9165 <p>Di era globalisasi, perkembangan teknologi sangat pesat. Banyak produk globalisasi yang bahkan tidak terpikirkan sebelumnya. Media sosial adalah salah satu contoh yang paling umum dan banyak digunakan oleh orang-orang tanpa memandang kelas dan usia. Dalam penelitian ini ingin meneliti mengenai pengaruh kegiatan campaign <em>#seethebeautyinverydaythings</em> di <em>tiktok</em> terhadap <em>brand awareness</em> produk <em>scarlett whitening</em>. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, dan peneliti menggunakan teknik <em>non-probability sampling</em>, metode <em>non-probability sampling</em> yang digunakan pada penelitian ini adalah <em>purposive sampling</em>, didapatkan nilai jumlah sampel sebesar 384,16 responden, namun dibulatkan oleh peneliti menjadi 385 responden dengan tujuan untuk memudahkan peneliti dalam pembuatan dan pengisian kuesioner. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan <em>Campaign #Seethebeautyinverydaythings</em> di <em>tiktok</em> terhadap <em>brand awareness</em> produk <em>Scarlett Whitening</em>, hal ini didasarkan pada hasil pengujian hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil t hitung sebesar 23.174 (thitung 23.174&gt;tabel 1.966) dan signifikansi 0.000 (0.000&lt;0.05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan <em>Campaign #Seethebeautyinverydaythings</em> di t<em>iktok</em> terhadap <em>Brand Awareness</em> Produk <em>Scarlett Whitening</em></p> Wike Ayu Selistyawati, Berlian Primadani Satria Putri ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9165 Mon, 22 Jan 2024 14:53:57 +0000 Analisis Narasi Komunikasi Ferdy Sambo Dan Richard Eliezer Pada Kasus Penembakan Brigadir Yoshua https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9275 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis narasi peristiwa penembakan terhadap Brigadir Yoshua yang terjadi di Duren Tiga, Jakarta Selatan, yang diceritakan oleh Ferdy Sambo dan juga Richard Eliezer. Penelitian ini <br>menggunakan pendekatan teori <em>Narrative Paradigm</em> yang digagas oleh Walter Fisher. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis isi. Objek studi pada penelitian ini adalah teks berupa narasi video yang ditayangkan oleh <em>channel Youtube</em> Kompas TV dengan judul <em>Breaking News</em> –<em> Ferdy Sambo Jadi Saksi untuk Terdakwa Eliezer, Ricky, dan Kuat Ma’ruf,</em> serta Video <em>Breaking News – Eliezer, Ricky dan Kuat Jadi Saksi Sidang Ferdy Sambo &amp; Putri Candrawathi</em>. Hasil penelitian menjelaskan bahwa narasi Richard Eliezer dianggap memiliki konsistensi, dilakukan secara mendetail, memiliki karakter yang kuat, serta narasi yang disampaikan terstruktur dengan baik dan memenuhi unsur <em>cohesivity</em> dan <em>fidelity</em> yang membentuk narasi rasionalitas. Sedangkan narasi Ferdy Sambo tidak memiliki alur sebab-akibat yang jelas karena bertentangan dengan apa yang diungkapkan oleh saksi lainnya, peristiwa yang pernah ditangani sebelumnya dan belum terungkap juga menjadi penyebab narasi yang disampaikan Ferdy Sambo tidak dapat diterima khalayak sehingga sehingga tidak memenuhi unsur <em>cohesivity</em> dan <em>fidelity</em>.</p> Zikrulloh Zikrulloh ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9275 Mon, 22 Jan 2024 15:04:03 +0000 Komunikasi Intrapersonal (Self-Talk) Dalam Meningkatkan Kesadaran Dampak Buruk Self-Harm Pada Remaja Brokenhome https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9284 <p><em>Brokenhome</em> merupakan suatu kondisi yang mencerminkan miskoordinasi dalam perkawinan, terjadi ketika suami dan istri tidak lagi mampu menemukan solusi yang memuaskan bagi keduanya, dan sering kali berakhir dalam perceraian. Kondisi <em>brokenhome</em> memiliki dampak yang signifikan pada psikologis anak, terutama remaja, yang menjadi korban dari ketidakharmonisan dalam keluarga mereka. Anak-anak yang mengalami perceraian orang tua cenderung menunjukkan perilaku impulsif dan menghadapi berbagai masalah terkait kesehatan mental mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan menyelidiki penggunaan komunikasi intrapersonal atau <em>Self-Talk</em> dalam meningkatkan kesadaran akan dampak buruk yang mungkin dihadapi oleh remaja yang berasal dari keluarga <em>brokenhome</em>. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa remaja <em>brokenhome</em> seringkali menggunakan <em>Self-Talk</em> sebagai alat untuk mengatasi masa-masa sulit yang mereka hadapi. <em>Self-Talk</em> membantu mereka untuk merasa lebih tenang dan terhindar dari perilaku negatif. Selain itu, <em>Self-Talk</em> juga berperan dalam menyadarkan mereka akan bahaya yang terkait dengan s<em>elf-harm</em>, yang sebelumnya mungkin dianggap sebagai pelampiasan emosi yang dapat merugikan mereka. Hasil wawancara yang mendalam dengan tiga informan menunjukkan bahwa <em>Self-Talk</em> memotivasi remaja <em>brokenhome</em> untuk menjaga pikiran positif dan menghindari tindakan yang merugikan diri mereka sendiri. Penelitian ini tidak hanya menggambarkan peran <em>Self-Talk</em> sebagai alat motivasi dan pemahaman dampak buruk <em>self-harm</em> pada remaja <em>brokenhome</em>, tetapi juga menyoroti perannya dalam menjaga kesehatan mental mereka. <em>Self-Talk</em> membantu remaja untuk mengendalikan emosi mereka, mengarahkan pikiran positif, dan menghindari perilaku yang dapat membahayakan diri mereka.</p> Alfaynie Axelfa Trie Aprilia, Agung Wibawa, Bangun Suharti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9284 Mon, 22 Jan 2024 15:26:53 +0000 Strategi IMC Sekolah Alam Tondo Lino Untuk Membangun Brand Awareness https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/8315 <p>Sekolah Alam merupakan salah satu lembaga pendidikan alternatif di Indonesia. Dalam pendidikan, Sekolah Alam merupakan salah satu konsep baru yang mengedepankan alam sebagai sumber inspirasi bagi peserta didik. Berkaitan dengan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai konsep Sekolah Alam, maka diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai lembaga pendidikan Sekolah Alam Tondo Lino. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi <em>Integrated Marketing Communication</em> Sekolah Alam Tondo Lino Untuk Membangun <em>Brand Awareness</em>. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik <em>Mixed Methods</em> untuk menguatkan data di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi <em>Word of Wouth Marketing</em> merupakan metode yang paling berdampak pada peningkatan <em>brand awareness</em>. Hal ini karena masyarakat dapat mengetahui dengan baik tentang produk yang ditawarkan, didukung dengan eratnnya hubungan silaturahmi masyarakat Desa/Ngata Toro sehingga memudahkan penyebaran informasi terkait konsep Sekolah Alam Tondo Lino kepada masyarakat atau khalayak sasaran. Dalam implementasinya, kendala utama pada proses pemasaran adalah sumber daya manusia dan ketersediaan jaringan internet tidak memadai, maka perlu membuat dasar pemasaran yang terarah guna mencapai tujuan pemasaran</p> Milke Milke, Zon Vanel ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/8315 Mon, 22 Jan 2024 15:40:22 +0000 Analisis Tema Fantasi Komunitas Timore Art Graffiti https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9300 <p>Penelitian ini berfokus pada analisis tema-tema fantasi dalam komunitas <em>Timore Art Graffiti</em> di akun Instagram @timoreartgraffiti dan identifikasi rantai fantasi, tipe fantasi, visi retoris, dan komunikasi simbolik di dalamnya. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode Analisis Tema Fantasi oleh Ernest Bormann dan Teori Konvergensi Simbolik. Hasil penelitian menunjukkan tema-tema fantasi dalam akun Instagram @timoreartgraffiti dipengaruhi oleh budaya hip-hop, dengan penggunaan permainan kata dan lelucon dialek Kupang sebagai ciri khasnya. Beberapa tema fantasi yang muncul termasuk <em>"Homies," "Ma Sosa," "Ya Sosa,"</em> <em>"TAG4LIFE,"</em> dan <em>"God Bless me n’ ma homies."</em> Anggota komunitas TAG menciptakan kata <em>"homies"</em> sebagai ekspresi pengaruh budaya hip-hop. Kata-kata <em>"ya," "ma," dan "sosa"</em> digunakan untuk mengungkapkan makna <em>"your," "my,"</em> dan <em>"sodara sayang."</em> Hashtag <em>#TAG4LIFE</em> digunakan untuk menyebarkan pesan TAG adalah tempat pertumbuhan, kesenangan, dan berbagi cerita. Rantai fantasi sering kali mengandung simbol emoticon api yang menggambarkan semangat. Tipe-tipe fantasi adalah tema fantasi yang berkembang seperti <em>"Homies,"</em> <em>"Ma Sosa," "Ya Sosa," "TAG4LIFE,"</em> dan <em>"God Bless me n’ ma homies"</em>, Visi retoris belum ditemukan dalam akun @timoreartgraffiti. Komunikasi simbolik dalam akun melibatkan komunikasi verbal seperti kata-kata dan simbol emoticon api. Komunikasi non-verbal ditunjukkan melalui <em>handsign Timore Art Graffiti</em> dan logo komunitas.</p> Vania Daniela Bunga, Petrus A. Andung, Juan A. Nafie ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9300 Mon, 22 Jan 2024 15:53:58 +0000 Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono Melalui Media Sosial Youtube @AgusYudhoyono https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9295 <p>Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan presiden dan parlemen pada tahun 2024 baik di tingkat nasional maupun daerah. Agus Harimurti Yudhoyono menjadi salah satu calon presiden pada pemilu 2024-2029. Pada tahun-tahun politik di mana hal ini, seperti yang dilakukan oleh Agus Harimurti Yodhoyono, akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dukungan masyarakat Indonesia, personal branding merupakan komponen penting dalam keberhasilan rencana. Perkembangan teknologi informasi dan penggunaan media sosial sebagai alat untuk mengembangkan personal branding saat ini tidak mungkin bisa ditolak.&nbsp; Agus Harimurti Yudhoyono memanfaatkan <em>YouTube</em>, salah satu <em>platform</em> media sosial, untuk mengembangkan&nbsp;&nbsp;<em>personal&nbsp;</em><em>branding</em>&nbsp;guna menarik minat generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh mengenai strategi <em>personal branding</em> Agus Harimurti Yudhoyono di <em>YouTube</em>. Dengan menggunakan landasan seperti <em>personal branding</em>, <em>agenda setting, framing</em> dan dramaturgi. Penulis menggunakan teknik penelitian kualitatif. Analisis <em>framing</em> digantikan peneliti dengan berfokus pada isu-isu terkait <em>personal branding</em> Agus Harimurti Yudhoyono. Berdasarkan temuan penelitian ini, <em>personal branding, framing</em>, dan dramaturgi menghasilkan <em>personal branding</em> yang dikembangkan manajemen Agus Harimurti Yudhoyono melalui media sosial <em>YouTube</em> yang telah membentuk <em>personal branding</em> yang realistis. Alhasil, <em>personal branding</em> Agus Harimurti Yudhoyono menjadi realistis.</p> Deden Jaelani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9295 Mon, 22 Jan 2024 17:11:12 +0000 Pengalaman Komunikasi Santri Waria di Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9274 <p>Interaksi antar santri waria atau santri waria dengan lingkungannya akan memberikan pengalaman dan menciptakan bangunan makna pada setiap individu. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui dan memahami pengalaman komunikasi santri waria di Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menggali pengalaman individu santri waria untuk mengetahui motif waria menjadi santri, dan makna dirinya sebagai seorang santri waria. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan motif yang melatarbelakangi waria menjadi santri dikarenakan motif masa lalu yang memperoleh stigma, tertekan, mendapatkan nasihat. Disisi lain sejumlah waria memutuskan menjadi santri bertujuan untuk memperoleh ketenangan, produktivitas memperluas jaringan dan beribadah. Santri waria juga memaknai dirinya sebagai pembelajar keagamaan, orang yang membutuhkan bimbingan, dan orang yang beriman. Peneliti menyimpulkan bahwa motif tindakan dan pemaknaan diri berkesinambungan pada pengalaman komunikasi santri waria.</p> Zulfanida Nurul Sadiyyah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9274 Mon, 22 Jan 2024 17:18:03 +0000 Konstruksi Makna Pedoman Pemberitaan Media Siber oleh Wartawan Media Online Tersertifikasi https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9320 <p>Dewasa ini wartawan Indonesia diamanatkan oleh regulasi agar memiliki sertifikat kompetensi. Karena itu, anggota komunitas Jurnalis Online Indonesia (JOIN) NTT mengikuti uji kompetensi wartawan sesuai level dan dinyatakan lulus serta mendapatkan sertifikat. Sebagai wartawan profesional, komunitas ini menyadari pemahaman yang benar akan sejalan dengan penerapan Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS). Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan konstruksi makna PPMS oleh wartawan JOIN NTT tersertifikasi dalam meningkatkan pemahaman dan menerapkannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan tiga kategori informan kunci, tambahan dan ahli sebagai triangulator. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Temuan penelitian diantaranya wartawan JOIN NTT tersertifikasi mengenal istilah PPMS meski berada pada level kompetensi berbeda. Pemahaman tidak tergantung pada lamanya masa kerja maupun level kompetensi, sebab point penting dalam PPMS belum dikuasai dengan baik. Para informan hanya mengingat serta menyebutkan hal penting yang selalu dikaitkan dengan Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Pers. Karena itu, disarankan agar wartawan dapat secara mandiri mempelajari PPMS dan berupaya menerapkannya dengan tanggung jawab. Media tempat wartawan bekerja, Dewan Pers atau lembaga lainnya agar mengadakan pelatihan jurnalistik untuk memperkuat kapasitas wartawan media online yang dituntut bekerja cepat, tepat dan akurat sehingga masyarakat terlindungi dari hoax.</p> Monika Wutun, Juan Ardiles Nafie, Herman Elfridus Seran ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9320 Mon, 22 Jan 2024 17:26:01 +0000 Analisis Jaringan Twitter pada Interaksi Penggemar K-pop Menggunakan Pendekatan Social Network Analytic https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9234 <p>Korean Pop atau K-pop telah menjadi fenomena global dalam industri musik populer, terutama di Indonesia, dengan sejumlah besar penggemar yang membentuk komunitas melalui media sosial seperti Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan <em>Social Network Analysis (SNA)</em> untuk menganalisis pola interaksi antara penggemar K-pop di Twitter dengan fokus pada tagar #K-Popers. Data dikumpulkan pada tanggal 30 Mei 2023, mencakup 2720 postingan terkait K-pop. Hasil analisis menunjukkan adanya dua pola jaringan, yaitu pola interaksi roda dan pola interaksi Y. Selain itu, aktor-aktor utama seperti @starfess, @tanyarlfes, dan @nangkagembok memiliki peran sentral dalam jaringan. Analisis ini memberikan wawasan tentang struktur komunitas penggemar K-pop di Twitter dan implikasinya terhadap interaksi dalam dunia media sosial.</p> Fani Maharani, Sri Wahyuning Astuti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9234 Mon, 22 Jan 2024 17:35:22 +0000 Mobilisasi Gerakan Opini Digital #TolakRUUKesehatan di Media Sosial https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9296 <p>Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan menjadi salah satu topik yang ramai diperdebatkan melalui media sosial di tahun 2023. Penelitian ini ingin mengkaji mobilisasi dukungan opini digital melalui tagar #TolakRUUKesehatan di media sosial <em>Twitter</em>. Teori yang digunakan adalah <em>Digital Movement of Opinion (DMO)</em>, sebuah aktivisme digital yang ditandai oleh adanya reaksi yang spontan dan tidak terorganisasi dari pengguna media sosial. Penelitian yang dilakukan merupakan kualitatif deskriptif dengan metode <em>social media network analysis (SMNA)</em>. Data dikumpulkan dari proses <em>netlytic.org</em> dengan tagar #TolakRUUKesehatan Hasil penelitian menunjukkan tagar dimobilisasi oleh aktor yang menjadi <em>opinion leader</em> dengan tiga narasi yang dominan; 1. Penghapusan <em>mandatory spending</em> kesehatan; 2. Proses penyusunan RUU yang tidak melibatkan profesi dan publik; 3. Perlindungan anak dan remaja usia merokok. Tagar tersebut membuat gerakan mobilitas massa yang dapat mempengaruhi opini publik melalui gerakan opini digital di media sosial yang diikat oleh perhatian akan isu yang sama dan memunculkan wacana dominan dalam isu kebijakan kesehatan di ranah digital.</p> Himmatul Ulya, Yofiendi Indah Indainanto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9296 Mon, 22 Jan 2024 17:47:49 +0000 Komunikasi Antarpribadi Pelatih dan Penari https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9302 <p>Sanggar Tari <em>Exotic</em> Flobamora sebagai salah satu komunitas seni tari di Nusa Tenggara timur,&nbsp; sehingga perlu memperhatikan Komunikasi Antarpribadi Pelatih dan Penari&nbsp;agar hubungan antar individu semakin dalam dan mempererat relasi dalam sebuah kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi atarpribadi Pelatih dan Penari di Sanggar Tari <em>Exotic</em> Flobamora serta faktor-faktor pemicu penari berlatih dan berhenti berlatih menari. Penelitian ini dikaji menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis menggunakan teori <em>Fundamental Interpersonal Relation Orientation (FIRO)</em> yang dikemukakan oleh William Schutz . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi antarpribadi di Sanggar Tari <em>Exotic</em> Flobamora terjadi antara Pelatih dan Penari saat rutinitas berlatih menari berlangsung mulai dari pemanasan hingga briefing diakhir latihan serta pementasan tari dan acara perayaan. Dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa model komunikasi yang diterapkan Pelatih dan Penari ialah model interaktif. Adapun faktor pemicu mengapa ada penari yang masih berlatih menari dan ada yang berhenti berlatih menari disebabkan oleh manajemen konflik dalam bentuk positif dan negatif serta rasa nyaman dan tidak nyaman yang akan berdampak bagi performa serta keputusan berlatih atau berhenti berlatih menari di Sanggar Tari <em>Exotic</em> Flobamora.</p> George Paulus Kabnani, Petrus Ana Andung, Felisianus Efrem Jelahut ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9302 Mon, 22 Jan 2024 17:55:08 +0000 Strategi Optimasi Media Sosial dalam Meningkatkan Engagement Podcast "Action Nihil" Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSF RI) https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9333 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi konten <em>podcast</em> yang dilakukan salah satu lembaga milik Negara Indonesia dalam meraih peningkatan <em>engagement</em> pada <em>platform</em> media sosial <em>Youtube</em>. Subyek penelitian ini berada pada Lembaga Sensor Film Republik Indonesia di daerah Jakarta pusat. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Adapun objek penelitian yang digunakan adalah data peningkatan <em>engagement</em> konten <em>podcast</em> “Action Nihil”, <em>channel youtube</em> Lembaga Sensor Film RI yang diperoleh melalui data analisis periode 17 Maret hingga 14 Juni 2023. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya konten <em>podcast</em> pada media sosial Youtube Lembaga Sensor Film RI ini telah dilakukan dengan penyusunan strategi, guna mencapai peningkatan <em>engagement</em>. Adapun strategi yang dilakukan ialah menggunakan dua jenis strategi, strategi konten dan strategi pemanfaatan <em>platform</em> multimedia. Namun, terdapat beberapa kekurangan dari strategi tersebut yaitu kurangnya penggunaan tagar pada media promosi dan kurangnya jadwal unggahan konten <em>podcast</em> Action Nihil pada media sosial <em>Youtube</em>.</p> Adinda Zahrotul Fitri, Widiya Yutanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/9333 Mon, 22 Jan 2024 18:06:35 +0000