PENERAPAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DALAM PENENTUAN UANG KULIAH TUNGGAL DI UNIVERSITAS NUSA CENDANA

  • Benyamin Libing(1)
  • Dony M Sihotang(2*)
    ilkom undana
  • Meiton Boru(3)
    ilmu komputer undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Uang Kuliah Tunggal.

Abstract

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan kebijakan pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Dalam penentuan UKT, Universitas Nusa Cendana menggunakan metode wawancara. Banyaknya jumlah mahasiswa baru yang diwawancarai untuk menetapkan UKT maka mempengaruhi tingkat keletihan dari pewawancara dan juga mempengaruhi keputusan yang diambil tidak lagi bersifat objektif, sehingga perlu sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu menangani masalah tersebut. Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) merupakan salah satu metode dalam SPK yang dapat membantu menyelesaikan masalah tidak terstruktur. Sistem akan menyeleksi setiap alternatif menggunakan lima kriteria yaitu pendapatan orang tua, rekening air dan listrik, aset, jumlah tanggungan dan pekerjaan. Hasil dari  pengujian senstifitas perubahan bobot, yang paling besar yaitu pada rekening air dan listrik dengan 91.66% dan yang paling sedikit yaitu pada pekerjaan dengan 35%. Sedangkan pengujian akurasi standar memperoleh hasil 26.66%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Baker, E.D.P.S., 2014. Sistem pendukung keputusan penetapan calon peserta sertifikasi guru dengan metode WP dan TOPSIS, Skripsi, Undana, Kupang.
[2] Kadir, A., 2002. Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Edisi 1, Gava Media, Yogyakarta.
[3] Manurung, P., 2010. Sistem pendukung keputusan seleksi penerima beasiswa dengan metode AHP dan TOPSIS studi kasus Fmipa USU, Skripsi, USU, Medan.
[4] Tahir, Ilham., 2016. Model Pengambilan Keputusan Penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pada Perguruan Tinggi Negeri (Studi Kasus:Universitas Sembilan belas November Kolaka): Journal Speed.
[5] Kefi, Yuneldi., 2013. Sistem pendukung keputusan seleksi calon karyawan pada PT BPR Christa Jaya Kupang dengan metode AHP dan TOPSIS:J-Icon.
[6] Turban, E., dkk., 2015, Decision Support System and Intelegent System, Andi, Yogyakarta.
[7] Turban, E., & Arronson, J., 2005, Decision support System and Intelegent System, Pretince Hall, New Jersey.
[8] Kusumadewi, S., dkk., 2006. Fuzzy Multi-attribute Decission Making, Graha Ilmu, Yogyakarta.

PlumX Metrics

Published
2019-03-31
How to Cite
[1]
B. Libing, D. Sihotang, and M. Boru, “PENERAPAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DALAM PENENTUAN UANG KULIAH TUNGGAL DI UNIVERSITAS NUSA CENDANA”, jicon, vol. 7, no. 1, pp. 27-36, Mar. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.