ALAT PLONG KOMPOR MINYAK TANAH MODEL HIDROLIK UNTUK PERBAIKAN JUMLAH PRODUK DAN EFISIENSI KOMPOR BERBASIS ERGONOMI

TOOLS FOR PLASTING HYDRAULIC MODELS OF LAND OIL FOR IMPROVING NUMBER OF PRODUCTS AND EFFICIENCY ERGONOMIC BASED STORES

  • Hari Rarindo(1*)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Etik Puspitasari(2)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Suyanta Suyanta(3)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Alat plong kompor minyak tanah

Abstract

Alat plong kompor minyak tanah sistim hidrolik ini merupakan salah tingkat produktivitas atau nilai tambah bagi industri kecil kompor minyak tanah dan sejenisnya. Alat plong kompor yang digunakan sebelumnya oleh industry kecil atau pengrajin kecil kompor minyak tanah ini masih tradsional artinya pelubangan masih memerlukan tenaga otot yang kuat, sehingga dirasa kurang praktis, oleh karena untuk mengoptimalkan pelaksanaan perlu ditambah lagi alat baru yang didisain ini. Penerapan alat yang didisain ini lebih praktis dan lebih umum digunakan oleh masyarakat baik tenaga laki-laki atau wanita. Selain itu alat plong kompor ini aman dan menghemat tenaga dan ergonomis. Dengan menggunakan alat baru ini maka keuntungan tenaga dan hasil produk kompor minyak tanah lebih cepat sehingga proses kegiatan dapat secara positif memberikan keringanan dan faktor kelelahan pekerja. Alat baru ini ditanggapi positif oleh industri kecil kompor minyak tanah. Perbaikan disain plong kompor minyak tanah yang disarankan agar kapasitas pelubangan lebih cepat dan tidak memakan waktu sehingga pelubangan plong kompor sesuai dengan yang di kehendaki.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-05-27
How to Cite
Rarindo, H., Puspitasari, E., & Suyanta, S. (2019). ALAT PLONG KOMPOR MINYAK TANAH MODEL HIDROLIK UNTUK PERBAIKAN JUMLAH PRODUK DAN EFISIENSI KOMPOR BERBASIS ERGONOMI. Jurnal Teknologi, 13(1), 12-16. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1323
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.