PROGRAM IPTEKS PEMBUATAN TASBIH ROSARIO KHAS KAYU CENDANA

SCIENCE PROGRAM OF SPECIAL ROSARIO TASBIH MAKING OF CENDANA WOOD

  • Harijono Harijono(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Universitas Nusa Cendana
  • Asrial Asrial(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Universitas Nusa Cendana
  • Yusuf Rumbino(3)
    Teknik Pertambangan FST Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Tasbih Rosario Bahan Kayu Cendana

Abstract

Tujuan sepesifik dari kegiatan program Ipteks bagi masyarakat ini adalah ditujukan kepada industri kecil yang bergerak pembuatan tasbeh rosario yang berada wilayah Kupang dengan aktivitas kegiatan memberikan pengetahuan kepada UKM mitra tentang teknologi untuk proses pekerjaan pembuatan tasbeh rosario berupa mesin bubut kayu. Adapun materi yang akan disajikan adalah 1) pengenalan teknologi pembubutan bahan kayu cendana, 2) bahan dan alat yang digunakan untuk finishing pembuatan tasbeh dan rosario, 3) aplikasi alat yang digunakan untuk membetuk tasbeh dan rosario. Teknologi pembuatan untuk tasbeh dan rosario adalah teknologi yang memerlukan ketekunan terutama cara pembulatan bahan kayu yang lebih efisien dengan cara kerja yang tidak memakan waktu lama efisien dan produktif. UKM mitra pembuatan tasbeh dan rosario yang pada saat ini masih langka dan terbatas khususnya bahan baku kayu cendana, maka diperlukan diversifikasi tasbeh dan rosario dengan melakukan berbagai bentuk yang menarik dengan variasi. Dengan demikian produk tasbeh dan rosario yang ada di UKM mitra perlu yang lebih menarik dengan sentuhan teknologi yang telah dirancang akan menghasilkan bentuk yang lebih artistik.Luaran yang dihasilkan dalam penerapan ipteks bagi UKM mitra kelompok pembuat tasbeh dan rosario 1) hasil secara fisik yang diperoleh selama kegiatan ini finishing pembuatan tasbeh dan rosario menggunakan plitur dan alat penghalus, 2) hasil non fisik adalah berupa seperangkat pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh kalayak sasaran dari kegiatan cara melakukan kegiatan finishing akhir pembuatan tasbeh dan rosario.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-05-28
How to Cite
Harijono, H., Asrial, A., & Rumbino, Y. (2019). PROGRAM IPTEKS PEMBUATAN TASBIH ROSARIO KHAS KAYU CENDANA. Jurnal Teknologi, 13(1), 24-29. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1325
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.