PEMANFAATAN WASH TIMER DAN IC 555 SEBAGAI SAKLAR PENGATURAN WAKTU PENGAIRAN UNTUK TANAMAN BERSKALA KECIL

UTILIZATION OF WASH TIMER AND IC 555 AS A SETTING SWITCH WATERING TIME FOR SMALL SCALE PLANTS

  • Jani F. Mandala(1*)
    Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sain dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Frans Likadja(2)
    Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sain dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Wellem F. Galla(3)
    Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sain dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Wash Timer, IC555, dan instalasi irigasi tetes

Abstract

Budidaya tanaman horticulture dengan umur produksi singkat, sangat diminati sebagai usaha. Tetapi permasalahannya menyangkut penggunaan air pada fase vegetatif dan produksi, serta iklim yang mempengaruhi penggunaan air menjadi kompetitif. Untuk memenuhi kebutuhan ini, digunakan pompa yang dapat mengatur volume/debet air dan penjadwalan.

Solusinya digunakan instlasi jaringan pompa irigasi tetes dengan memanfaatkan ketersediaan bahan, wash timer dan IC555 menjadi THIGH dan TLOW  untuk menentukan penjadwalan air pada tanaman horticulture. Uji coba pewaktuan dengan instalasi pvc 4 meter dengan jumlah 20 emiter untuk fase vegetatif di pagi hari, cocok dengan wash timer mampu menghasilkan 14 mliter selama 60 detik dan rangkain RC dengan interval 6 detik selama 47 detik, emiter menghasilkan 5 mliter serta sistim grafitasi(tinggi profiltank) dengan kemiringan emiter ±300 pada pipa pvc dengan lama waktu 3 menit 50 detik dengan interval 7 detik menghasilkan 0,98 mliter.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-11-30
How to Cite
Mandala, J., Likadja, F., & Galla, W. (2020). PEMANFAATAN WASH TIMER DAN IC 555 SEBAGAI SAKLAR PENGATURAN WAKTU PENGAIRAN UNTUK TANAMAN BERSKALA KECIL. Jurnal Teknologi, 14(2), 46-55. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/3250
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.