PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 2 KUPANG

  • Nixson J. Meok(1*)
    Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Bella A.S Sonnggo(2)
    Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil belajar, Pre-test, Post-test

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Audio Video pada mata pelajaran perekayasaan sistem audio di SMK Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Quasi-Experimental Design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, dimana pemilihan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung = 7,209 dan taraf signifikansi p = 0,000 dan ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel (7,209 > 1,998) dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05) maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol, dimana kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mendapat rata-rata nilai hasil belajar sebesar 81,69 dan rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 74,62.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-08-03