EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE (LC 5E) DAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TAV SMKNEGERI 2 KUPANG PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO CCTV

  • Fatma Yusnics Sayuna Universitas Nusa Cendana
  • I Made Parsa Universitas Nusa Cendana
  • Frans F. G. Ray Universitas Nusa Cendana
Keywords: Learning cycle 5 Fase, media pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Perbedaan antara nilai pre-test dan post-test setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi melakukan instal sistem audio video CCTV kelas XI TAV SMK Negeri 2 Kupang (2) Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi melakukan instal sistem audio video CCTV kelas XI TAV SMK Negeri 2 Kupang. Metode penelitian ini adalah penelitian Quasi-Experimental Design atau eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Metode Tes dan Dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan Uji-t berpasangan dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point yaitu nilai pre-test = 58,34 dan nilai post-test = 74,28 (2) Ada pengaruh yang sangat signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dimana hasil analisis regresi berganda dengan menggunakan uji F diperoleh nilai fhitung> nilai ftabel (11537,936 > 3,295) berarti terdapat pengaruh yang signifikan sehingga model regresi tersebut dapat digunakan untuk memprediksi hasil belajar siswa.

Author Biographies

Fatma Yusnics Sayuna, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana

I Made Parsa, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana

Frans F. G. Ray, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana

Published
2018-11-30
Section
Articles