Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Veteriner Nusantara?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan
Jurnal Veteriner Nusantara


1. Ketentuan Umum
Jurnal Veteriner Nusantara terbit berkala dua kali dalam setahun (Februari dan September). Naskah berupa manuskrip asli dan mutakhir (10 tahun terakhir) berdasarkan hasil penelitian, studi kasus, analisis kebijakan dan ulasan pustaka. Naskah belum pernah dipublikasikan dan tidak pula sedang dalam proses publikasi pada jurnal lain.

2. Cakupan
Manuskrip yang dipublikasikan dalam Jurnal Veteriner Nusantara mengenai bidang ilmu kedokteran hewan (veteriner), peternakan, perikanan, biologi hewan, zoonosis, One Health, dan kesejahteraan hewan (animal welfare).

3. Format Penulisan
Manuskrip dapat disampaikan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris ragam baku yang baik dan benar. Manuskrip diketik dengan program Microsoft Office Word® dalam pengaturan ukuran kertas A4, batas margin-margin 3 cm, jarak antar baris 2 spasi dan fonta times new roman ukuran 12pt. Setiap paragraf dimulai 0.5 cm menjorok ke dalam. Setiap halaman diberi nomor halaman. Panjang naskah keseluruhan halaman (termasuk tabel, ilustrasi dan daftar pustaka) tidak lebih dari 20 halaman untuk artikel hasil penelitian, dan tidak lebih dari 15 halaman untuk artikel studi kasus, analisis kebijakan dan ulasan.

4. Sistematika

Judul
Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sebaiknya judul tidak lebih dari 15 kata namun diusahakan sesingkat dan sejelas mungkin.
Identitas Penulis
Nama penulis ditulis lengkap (tanpa gelar, pangkat dan jabatan). Apabila penulis lebih dari satu dengan alamat instansi yang berbeda, di belakang nama penulis diberi indeks angka arab. Alamat penulis ditulis di bawah nama author, meliputi alamat laboratorium/lembaga, nomor telepon/faksimili dan surel. Indeks tambahan berupa tanda asterisk diberikan di belakang nama penulis korenspondensi.

Abstrak / Abstract
Abstrak disajikan dalam dua bahasa (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia) baik bagi manuskrip berbahasa Indonesia maupun manuskrip berbahasa Inggris. Abstrak disusun sebagai sebuah paragraf sepanjang maksimum 200 kata. Abstrak berisi sarian ringkas artikel. Abstrak dilengkapi kata-kata kunci sebanyak 3 kata atau frase dan diurutkan berdasarkan kepentingannya.

Pendahuluan
Pendahuluan memuat latar belakang dan rumusan permasalahan, serta tujuan dari penelitian/pengkajian.

Materi dan Metode
Pada bagian ini diuraikan secara ringkas dan jelas mengenai bahan-bahan yang digunakan, hewan, prosedur dan metode serta rancangan percobaan dan analisis statistika. Uraian yang jelas memungkinkan penelitian dapat diulang oleh peneliti lain.

Hasil dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan disajikan secara terintegrasi dengan mencantumkan tabel dan ilustrasi di dalam tubuh teks bila ada. Narasi dapat diberikan untuk menegaskan tabel dan ilustrasi. Pembahasan dilakukan dengan menginterpretasikan hasil dan analisis data-data dengan mengacu atau membandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya.

Simpulan dan Saran
Simpulan dan saran ditulis secara ringkas dalam paragraf terpisah dari pembahasan.

Ucapan Terima Kasih
Bagian ucapan terima kasih ini digunakan bilamana perlu untuk memfasilitasi penulis memberikan apresiasi pihak-pihak yang berkontribusi penting.dalam penelitian, namun tidak termasuk dalam tim penulis.

Daftar Pustaka
Mencantumkan pustaka yang diacu dalam tubuh tulisan, dan berupa pustaka primer yang sedikitnya 60% berasal dari jurnal ilmiah.

N.B.: Naskah berupa laporan kasus dan artikel review mengikuti sistematika umum artikel tersebut dan dapat disajikan sebagai berikut: judul, identitas penulis, pendahuluan, pengebaban-pengebaban sesuai keperlu-annya, simpulan dan saran, dan daftar pustaka.

5. Kepustakaan
Sitiran
a. Penulisan nama penulis dalam tubuh tulisan: hanya mencantumkan nama marga (family name) diikuti tahun terbit. Misalnya pada akhir kutipan: … (Wideman 2004), ... (Zajac & Conboy 2012) atau Wideman (2004) … Zajac dan Conboy (2012) ... jika pada awal kutipan.
b. Bila penulisnya lebih dari dua orang, maka cara penulisannya adalah nama marga penulis pertama dan penulis lainnya digantikan [et al.]. Misalnya: 
… (Rast et al. 2012) pada akhir kutipan atau Rast et al. (2012) … jika pada awal kutipan.
c. Bila kutipan mengacu pada lebih dari satu sumber pustaka, penulisannya diurutkan mulai dari tahun tertua ke tahun termuda. Misalnya di akhir kutipan … (Holland et al. 2000; Rast et al. 2012)

Penulisan Daftar Pustaka

a. Jurnal
Holland WG, Luong TT, Nguyen LA, Do TT, Vercruysse J. 2000. The epidemiology of nematode and fluke infections in cattle in the Red River Delta in Vietnam. Vet Parasitol. 93: 141-147.

b. Buku 
Zajac AM, Conboy GA. 2012. Veterinary Clinical Parasitology. 8th ed. Iowa: John Wiley & Sons.

c. Abstrak
Davila G, Irsik M, Greiner EC. 2010. Toxocara vitulorum in beef calves in North Central Florida. Vet Parasitol. 168: 261-263. [abstract].

d. Prosiding Konferensi:
Satrija F, Ridwan Y, Retnani EB, Amrozi. 1996. Prevalensi Toxocara vitulorum pada kerbau di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Di dalam: Prosiding Temu Ilmiah Nasional Bidang Veteriner; 1996 Mar 12-13; Bogor, Indonesia.

e. Sripsi/Tesis/Disertasi:
Rast L. 2014. Toxocara vitulorum & Fasciola gigantic in cattle and buffalo in Northern Laos [dissertation]. Sydney (AU): University of Sydney.

6. Pengiriman Artikel
Jurnal Veteriner Nusantara memberlakukan manajemen full online. Pengiriman manuskrip dilakukan melalui laman jurnal.

7. Kebijakan
Penulis dikenakan biaya penerbitan untuk setiap naskah yang disetujui untuk dimuat.


 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses publikasi pada berkala ilmiah lain.
  2. Naskah dalam format dokumen MS Office Word atau RTF.
  3. Naskah diketik dengan fonta Times New Roman, ukuran 12pt, spasi ganda.

    Tabel dan gambar terletak pada tempat yang relevan, menyatu dengan tubuh naskah, dan tidak ditempatkan di bagian akhir naskah.

  4. Penulisan kutipan dan daftar pustaka telah mengikuti pedoman penulisan.
  5. Naskah dari hasil penelitian yang layak secara etik.

    (Bilamana diperlukan, saya bersedia mengirimkan sertifikat/surat keterangan laik etik).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.