Kasus Thelaziasis Pada Sapi Bali Di Desa Oebelo

  • Desmond Timothy Hurek(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Diana Miranti Rihi(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yohanes TRMR Simarmata(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Maxs U E Sanam(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: sapi bali, thelazia, thelaziosis, kupang, timor

Abstract

Sapi bali memiliki potensi lokal yang mempunyai nilai jual tinggi dalam sector agribisnis peternakan. Untuk mencapai nilai jual yang tinggi, sapi harus dalam keadaan sehat atau tidak mengalami cacat. Salah satu faktor yang mempengaruhi penampilan dan kesehatan sapi adalah adanya infestasi parasit cacing Thelazia sp.. Thelaziasis merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh cacing Thelazia sp. menyerang hewan ternak sapi, kerbau, kuda, kambing, burung, kucing dan anjing. Peternak mengalami kesulitan dalam menanggulangi penyakit ini karena pada awal infeksi menunjukkan gejala klinis yang tidak spesifik. Penanganan kasus dilakukan dengan pemberian levamisole 10% yang telah diencerkan dengan perbandingan 1:9 ml aquades, diteteskan sebanyak ±3 ml/ hari pada mata yang terinfeksi cacing thelazia dan injeksi vitol-140 sebanyak 7 ml secara intra muscular. Setelah diteteskan, thelazia diangkat menggunakan kapas yang telah dibasahi pada pagi hari setiap harinya. Selanjutnya, pada hari ketiga mata sudah tidak didapati adanya infestasi thelazia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, R.C., 2000. Nematode Parasites Of Vertebrates, Their Development And Transmission, 2 Ed. CABI Publishing, UK.
Djungu. D.F.L. 2014. Thelaziosis Pada Ternak Sapi Potong Peternakan Rakyat di Kabupaten Kupang [Skripsi]. Sekolah Pascaserjana. Institut Pertanian Bogor.
Nurhakiki, Halizah N. 2020. Manajemen Pemeliharaan Sapi Bali di UPT-Pt HPT Pucak, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Peternakan Lokal, 2(1): 20-24.
Otranto, D., C. Cantacessi, E. Mallia And
R.P. Lia. 2007. First Report Of Thelazia Callipaeda (Spirurida, Thelaziidae) In Wolves (Canis Lupus) In Italy. Journal Of Wildlife Diseases, 43(3): 508-511.
Otranto, D., & Traversa, D. 2005. Thelazia eyeworm: an original endo-and ecto- parasitic nematode. Trends in parasitology, 21(1), 1-4.
Soulsby EJL. 1982. Helminths, Arthropods And Protozoa Of Domesticated Animals. Ed Ke-7. Bailliere Tindall. London.
Togar RA, Pratama RA, Febrianti R. 2017. Laporan Epidemologi dan Kesehatan Ternak Penyakit Thelaziasis dan Newcastle Disease. Mataram: Universitas Mataram.

PlumX Metrics

Published
2021-12-18
How to Cite
Hurek, D., Rihi, D., Simarmata, Y., & Sanam, M. (2021). Kasus Thelaziasis Pada Sapi Bali Di Desa Oebelo. Jurnal Veteriner Nusantara, 4(Supl. 2), 6. https://doi.org/10.35508/jvn.v4iSupl. 2.6012

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.