PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCY BASED TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN PROTOTYPE PRODUK BARANG/JASA INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS X1 TITL SMK NEGERI 2 KUPANG

  • Martji Bani(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Yetursance Y. Manafe(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Crispinus P. Tamal(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Model Pembelajaran, Competency Based Training, Direct Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran
Competency Based Training terhadap hasil belajar pembuatan prototype produk barang/jasa instalasi motor
listrik pada siswa X1 TITL SMK Negeri 2 Kupang .(2) Sejauh manakah pengaruh model pembeajaran
Competency Based Training terhadap hasil belajar pembuatan prototype produk barang/jasa instalasi motor
listrik pada siswa X1 TITL SMK Negeri 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
eksperimen, desain rencangan penelitian yaitu Quasi-Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa model pembelajaran competency based training berpengaruh sebesar 40,0% dan > (4,762
> 2,032) dan P value < α sebesar (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara
signifikan antara model pembelajaran competency based training terhadap hasil belajar siswa. Untuk variabel
model pembelajaran direct learning berpengaruh sebesar 34,6 % dengan nilai > (4,244 > 2,032 ) P value < α sebesar (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara
model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh
model pembelajaran competency based training terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil
perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa selisih antara kedua model pembelajaran dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 5,4%. Sehingga dari hasil pengujian Independent Sample T
Test maka diperoleh = 5,053 dan didapatkan nilai = 1.994 dengan df = 70, karena Nilai >
(3,362 > 1,994) dengan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang
signifikan antara model pembelajaran competency based training dan model pembelajaran direct learning
terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-05-20