Pengaruh kulit buah pisang yang difermentasi dengan probiotik (MKA bio 3) sebagai pakan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan lele sangkuriang (Clarias sp)

  • A V Seran(1)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan, Undana
  • Agnette Tjendawangi(2*)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan, Undana
  • Cresca B Eoh(3)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan, Undana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kulit buah pisang yang difermentasi dengan probiotik (MKA Bio 3) sebagai pakan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan lele sangkuriang (Clarias sp). Rancangan Percobaan  yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu perlakuan A (perlakuan kontrol/pemberian 100 % pakan pellet komersil), perlakuan B (pemberian 75 % pellet komersil dan ditambahkan 25 % kulit pisang hasil fermentasi), perlakuan C (pemberian 50 % pellet komersil dan ditambahkan 50 % kulit pisang hasil fermentasi), perlakuan D (pemberian 25 % pellet komersil dan ditambahkan 75 % kulit pisang hasil fermentasi) dan perlakuan E (pemberian 100 % kulit pisang hasil fermentasi). Hasil sidik ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa pemberian kulit pisang hasil fermentasi dengan probiotik (MKA Bio 3) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan lele sangkuriang (Clarias sp). Pertumbuhan yang tertinggi terjadi pada perlakuan C yaitu sebesar 4,3767 % g/hari dan kelulushidupan yang tertinggi terjadi pada perlakuan D dan E yaitu sebesar 61,21 %.

 

Kata kunci  : Kulit buah pisang, probiotik MKA Bio 3, fermentasi,  Clarias sp

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-09-16
How to Cite
Seran, A., Tjendawangi, A., & Eoh, C. (2020). Pengaruh kulit buah pisang yang difermentasi dengan probiotik (MKA bio 3) sebagai pakan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan lele sangkuriang (Clarias sp). Jurnal Aquatik, 2(2), 20-30. https://doi.org/10.35508/aquatik.v2i2.2565