PENERAPAN ANALISIS FAKTOR DALAM MEMILIH SUSU FORMULA UNTUK IBU HAMIL
Abstract
Ada banyak alternatif produk susu formula khusus ibu hamil di pasaran. Untuk memilih merk yang tepat, harus memperhatikan beberapa faktor yaitu harga, manfaat, komposisi zat, rasa, varian rasa, produk, bonus hadiah, iklan, kemasan, berat isi, dan efek samping dari susu formula tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan susu formula khusus ibu hamil serta menganalisis faktor-faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pemilihan susu formula khusus ibu hamil dengan menggunakan metode Analisis Faktor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuisioner yang diisi oleh ibu hamil yang ditemui di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Dalam penelitian ini, analisis faktor digunakan untuk mereduksi 12 variabel sehingga diperoleh 4 peubah baru yang disebut faktor. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada empat faktor dominan yang mempengaruhi pemilihan susu formula khusus ibu hamil. Faktor tersebut adalah faktor nilai tambah susu, faktor promosi, faktor keunggulan, serta faktor harga dan rasa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright is retained by the authors, and articles can be freely used and distributed by others.