PENERAPAN METODE SIX SIGMA UNTUK IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS PENCETAKAN KORAN HARIAN DENGAN METODE SIX SIGMA (STUDI KASUS : PT. ARNOLDUS NUSA INDAH DI KABUPATEN ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR)

  • Apolonia Bunga Tibo(1*)
    Mahasiswa
  • Astri Atti(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Maria Lobo(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Maria Kleden(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengendalian Kualitas, Kualitas Produk, Produk Cacat, Six Sigma

Abstract

Pengendalian kualitas produk merupakan faktor penting bagi dunia industri agar dapat meningkatkan kualitas produk dan dapat bersaing dengan baik. PT. Arnoldus Nusa Indah (PT. ANI) adalah salah satu perusahaan percetakan yang sedang berusaha meningkatkan kualitas pada proses produksinya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui proses pengendalian kualitas  yang diterapkan  PT. ANI dalam produksi koran harian Flores Pos menggunakan metode Six Sigma. Six Sigma merupakan suatu metode pengendalian dan peningkatan kualitas yang hanya memproduksi 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan untuk setiap produk yang dihasilkan. Setelah menggunakan metode Six Sigma kualitas produk yang dihasilkan PT. ANI cukup baik dengan tingkat sigma sebesar 3,69 dengan kegagalan sebesar 14.171 eksemplar untuk sejuta produksi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan tinta menyebar tidak merata (68,8%) dan kertas menjadi kusut atau lipatan tidak  sempurna (31,2%)  adalah penyebab terjadinya cacat tertinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-04-12
How to Cite
1.
Tibo A, Atti A, Lobo M, Kleden M. PENERAPAN METODE SIX SIGMA UNTUK IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS PENCETAKAN KORAN HARIAN DENGAN METODE SIX SIGMA (STUDI KASUS : PT. ARNOLDUS NUSA INDAH DI KABUPATEN ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR). JD [Internet]. 12Apr.2021 [cited 19Apr.2024];3(1):13-1. Available from: https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JD/article/view/4006
Section
Articles