PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 NUBATUKAN

  • Theresia Kewinai Tolok(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • fernando saragih(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ari Data(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Latar belakang riset ini yakni prestasi belajar peserta didik yang rendah karena, tidak mengumpulkan tugas, alat pembelajaran di sekolah kurang lengkap, ekonomi keluarga kurang baik, didalam masyarakat sebagian besar anak usia sekolah yang tidak melanjutkan pendidikan. Riset ini bermaksud untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan. Populasi berjumlah 89 peserta didik, sampel sebanyak 73 peserta didik. Pengambilan sampel Proportional Sampling. Analisis regresi linear bergada adalah teknik analisis yang dipakai dalam riset ini, Y = 16,741 + 1,041 X₁ + 0,590 X₂ + e. Riset ini menunjukan bahwa disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan, F-hitung>F-tabel (21,170>3,98) dan sig 0,000<0,05. Secara parsial disiplin belajar (X1) berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan (3,880>1,994), sig 0,000<0,05. Lingkungan belajar (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan, (2,219>1,994), sig 0,030<0,05. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat 37,7% dan  62,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2017). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Artikel Ilmiah (Bimbingan Konseling), 1(1), 1–9.

Bangun, D. (2012). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 74–94. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.604

Chaerunisa, Z., & Latief, J. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2952–2960. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1043

Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Fadlilah, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas X di Sekolah MAN 3 Sleman Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 29.

Fajrin, D. F. (2018). Menteri Muhadjir Effendy: Pendidikan di NTT Urutan 3 Terbawah. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1048094/menteri-muhadjir-effendy-pendidikan-di-ntt-urutan-3-terbawah

Harianti, R. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.983



Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Prasetya, S. (2016). Pengaruh Disiplin Tata Tertib Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Eksekutif, 13(2), 249–263.

Rustiana, A., & Chalifa, N. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma N 1 Jekulo Kudus. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 7(1), 14–28.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Partisipasi Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2, 12–26.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta.

Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Varagur, K. (2019). Prestasi Pelajar Indonesia Terendah di Asia Tenggara. Www.Voaindonesia.Com. https://www.voaindonesia.com/a/prestasi-pelajar-indonesia-terendah-di-asia-tenggara/5208793.html

Wijiyanto, D. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 26 Purworejo Tahun 2016/2017. Dectoral Dissertation, Pendidikan Ekonomi-FKIP.

PlumX Metrics

Published
2023-04-30
How to Cite
Tolok, T., saragih, fernando, & Data, A. (2023). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 NUBATUKAN. Journal Economic Education, Business and Accounting, 2(1), 119-126. https://doi.org/10.35508/jeeba.v2i1.10046

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.