PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PROSES DAUR AIR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (POWERPOINT) PADA SISWA KELAS V SDI LOONUNA KECAMATAN LAMAKNEN SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran interaktif (powerpoint) pada kelas V SDI Loonuna, Lamaknen selatan Kabupaten Belu, tahun pelajaran 2020 / 2021. Peningkatan hasil belajar disini adalah hasil belajar pada materi siklus hidrologi / proses daur air. Penelitian ini menggunakan model penelitian Tindakan kelas dimana guru sebagai pengajar sekaligus pengamat. Penelitian dilakukan pada kelas V SDI Loonuna, Lamaknen Selatan Kabupaten Belu. Pada penelitian ini diterapkan siklus I dan II, pada setiap siklus dilakukan rancangan atau planning yang baik, melaksanan tindakan terhadap kelas, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan terjadi eskalasi dari siklus I dan siklus II. 9 siswa dinyatakan tuntas pada siklus I dengan persentase kelas 45% dan siklus II 16 dinyatakan tuntas dengan persentase kelas 80% siswa mendapatkan nilai > 65. Simpulan dari penelitian ini, bahwa dengan mengaplikasikan media pembelajaran interaktif (powerpoint) pada kelas V SD Inpres Loonuna dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang proses daur air.
Downloads
References
Craig, R. J., & Amernic, J. H. (2006). PowerPoint presentation technology and the dynamics of teaching. Innovative Higher Education, 31(3), 147–160. https://doi.org/10.1007/s10755-006-9017-5
Kjeldsen, J. E. (2006). The Rhetoric of PowerPoint. Seminar.Net, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.7577/seminar.2523
Mubair, A. (2011). Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran : Panduan untuk guru, konselor, psikolog, orang tua, dan tenaga kependidikan (cet. 1). Refika Aditama.
Nasution, S. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktifitas Siswa Kelas V …. Jurnal ESTUPRO, 7(1). http://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/840%0Ahttp://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/download/840/621
Noorhafizah, & Lizyar, R. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Ipamateri Proses Pembentukan Tanah Dan Daur Airmenggunakanmodel Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Variasi Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 11(1), 64–75.
Nurhidajati, T. U. (2014). Air Melalui Pendekatan Saintifik Bermedia Video. 1–12.
Penciner, R. (2013). Does PowerPoint enhance learning? Canadian Journal of Emergency Medicine, 15(2), 109–112. https://doi.org/10.2310/8000.2013.130756
Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2021). Pedagogik (Cet. 8). Alfabeta.
Savoy, A., Proctor, R. W., & Salvendy, G. (2009). Information retention from PowerPointTM and traditional lectures. Computers and Education, 52(4), 858–867. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.12.005
Setiowati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Daur Air Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 21–27. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3879
Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226
Srini M, I. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. DEPDIKBUD.
Wati, N. I., Utaminingsih, S., & Fakhriyah, F. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Di Kelas V Sd Negeri Pasuruhan Pati. Refleksi Edukatika, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.24176/re.v5i1.451
Yuliza, Y., Sumianto, S., & Rizal, M. S. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Peta Konsep (Concept Mapping) pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i1.11