PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PROSES DAUR AIR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (POWERPOINT) PADA SISWA KELAS V SDI LOONUNA KECAMATAN LAMAKNEN SELATAN

  • Juliani Angelina Mau(1*)
    Sekolah Dasar Inpres Loonuna
  • Alfridus Mau Manek(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Interaktif, power point

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran interaktif (powerpoint) pada kelas V SDI Loonuna, Lamaknen selatan Kabupaten Belu, tahun pelajaran 2020 / 2021. Peningkatan hasil belajar disini adalah hasil belajar pada materi siklus hidrologi / proses daur air. Penelitian ini menggunakan model penelitian Tindakan kelas dimana guru sebagai pengajar sekaligus pengamat. Penelitian dilakukan pada kelas V SDI Loonuna, Lamaknen Selatan Kabupaten Belu. Pada penelitian ini diterapkan siklus I dan II, pada setiap siklus dilakukan rancangan atau planning yang baik, melaksanan tindakan terhadap kelas, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan terjadi eskalasi dari siklus I dan siklus II. 9 siswa dinyatakan tuntas pada siklus I dengan persentase kelas 45% dan siklus II 16 dinyatakan tuntas dengan persentase kelas 80% siswa mendapatkan nilai > 65. Simpulan dari penelitian ini, bahwa dengan mengaplikasikan media pembelajaran interaktif (powerpoint) pada kelas V SD Inpres Loonuna dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang proses daur air.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R., & Istianah, F. (2017). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Daur Air Siswa Di Sekolah Dasar. JPGSD, 05(03).

Craig, R. J., & Amernic, J. H. (2006). PowerPoint presentation technology and the dynamics of teaching. Innovative Higher Education, 31(3), 147–160. https://doi.org/10.1007/s10755-006-9017-5

Kjeldsen, J. E. (2006). The Rhetoric of PowerPoint. Seminar.Net, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.7577/seminar.2523

Mubair, A. (2011). Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran : Panduan untuk guru, konselor, psikolog, orang tua, dan tenaga kependidikan (cet. 1). Refika Aditama.

Nasution, S. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktifitas Siswa Kelas V …. Jurnal ESTUPRO, 7(1). http://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/840%0Ahttp://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/download/840/621

Noorhafizah, & Lizyar, R. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Ipamateri Proses Pembentukan Tanah Dan Daur Airmenggunakanmodel Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Variasi Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 11(1), 64–75.

Nurhidajati, T. U. (2014). Air Melalui Pendekatan Saintifik Bermedia Video. 1–12.

Penciner, R. (2013). Does PowerPoint enhance learning? Canadian Journal of Emergency Medicine, 15(2), 109–112. https://doi.org/10.2310/8000.2013.130756

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2021). Pedagogik (Cet. 8). Alfabeta.

Savoy, A., Proctor, R. W., & Salvendy, G. (2009). Information retention from PowerPointTM and traditional lectures. Computers and Education, 52(4), 858–867. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.12.005

Setiowati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Daur Air Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 21–27. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3879

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226

Srini M, I. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. DEPDIKBUD.

Wati, N. I., Utaminingsih, S., & Fakhriyah, F. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Di Kelas V Sd Negeri Pasuruhan Pati. Refleksi Edukatika, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.24176/re.v5i1.451

Yuliza, Y., Sumianto, S., & Rizal, M. S. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Peta Konsep (Concept Mapping) pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i1.11

PlumX Metrics

Published
2023-04-30
How to Cite
Mau, J., & Manek, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PROSES DAUR AIR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (POWERPOINT) PADA SISWA KELAS V SDI LOONUNA KECAMATAN LAMAKNEN SELATAN. Journal Economic Education, Business and Accounting, 2(1), 95-102. https://doi.org/10.35508/jeeba.v2i1.10667

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.