Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Kota Solok

  • avil yuliandra(1*)
    Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Indra Mulia Pratama(2)
    Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Gustia Harini(3)
    Universitas PGRI Sumatera Barat
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Learning Motivation, School Eenvironment, Peer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, lingkungan sekolah dan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa Akuntansi kelas X di SMK Negeri 1 Kota Solok yang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Analisis data dibantu dengan program SPSS versi 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap  Kedisiplinan Belajar Siswa. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kediiplinan Belajar Siswa. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan agar peserta didik lebih giat lagi dalam belajar dan memahami materi setiap pembelajaran Akuntansi Dasar, serta dapat lebih meningkatkan motivasi belajar, untuk pihak sekolah agar lebih memperhatikan lingkungan sekolah  dalam proses pembelajaran dan diharapkan dalam belajar siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik, benar dan mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dini Haryanti. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber belajar terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SD INPRES BTN IKIP I Makasar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3, 80–96. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a4.2016
Farida, A. (2014). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja. Nuansa Cendekia.
Idris. (2014). Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. Padang Fakultas Ekonomi UNP. Padang: Fakultas Ekonomi UNP.
Muhammad Zachim Alfan. (2013). Pengaruh Bimbingan Karir Dan Lingkungan Sekolah Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Smk Negeri 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 114–123.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, S., & Djazari, M. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia, 2(1), 137–160.
Yanti. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X AP SMK Negeri 2 Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.
Zuhri, A. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Ma Ma ’ Arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

PlumX Metrics

Published
2023-11-21
How to Cite
yuliandra, avil, Pratama, I., & Harini, G. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Kota Solok. Journal Economic Education, Business and Accounting, 2(2), 169-177. https://doi.org/10.35508/jeeba.v2i2.12447

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.