Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Kota Solok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, lingkungan sekolah dan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa Akuntansi kelas X di SMK Negeri 1 Kota Solok yang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Analisis data dibantu dengan program SPSS versi 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kediiplinan Belajar Siswa. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan agar peserta didik lebih giat lagi dalam belajar dan memahami materi setiap pembelajaran Akuntansi Dasar, serta dapat lebih meningkatkan motivasi belajar, untuk pihak sekolah agar lebih memperhatikan lingkungan sekolah dalam proses pembelajaran dan diharapkan dalam belajar siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik, benar dan mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Downloads
References
Farida, A. (2014). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja. Nuansa Cendekia.
Idris. (2014). Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. Padang Fakultas Ekonomi UNP. Padang: Fakultas Ekonomi UNP.
Muhammad Zachim Alfan. (2013). Pengaruh Bimbingan Karir Dan Lingkungan Sekolah Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Smk Negeri 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 114–123.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, S., & Djazari, M. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia, 2(1), 137–160.
Yanti. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X AP SMK Negeri 2 Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.
Zuhri, A. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Ma Ma ’ Arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.