Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Kupang
Abstract
Konteks penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa di SMAN 2 Kupang. Tingginya pengguna media sosial siswa ditambah kurangnya kedisiplinan siswa membentuk tujuan penelitian ini yaitu pengaruh penggunaan media sosial dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian berjumlah 141 siswa, sampel berjumlah 35 responden siswa kelas X IPS. Teknik pengambilan sampel Propotional Sampling. Analisis regresi linear berganda dipakai didalam penelitian ini, Y = 154,108-3,251 X1 + 3,115 X2 + e. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Kupang dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan media sosial dan disiplin belajar secara simultan dengan Fhitung > Ftabel (6,233>3,29) dan sig 0,008<0,05. Secara parsial penggunaan media sosial (X1) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Kupang (2,869>2,036), sig 0,007<0,05. Disiplin belajar (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Kupang, (2,283>2,036), sig 0,029<0,05. Persentase pengaruh yang diberi variabel independen kepada variabel dependen 28% dan 72% dipengaruhi variabel lainnya.
Downloads
References
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.4034
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
DataIndonesia.id. APJJI: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. 10 Juni 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022. (diakses 25 Januari 2023).
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dewi, K. S. 2017. Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Maroa Kab. Konawe Selatan.http://digilib.iainkendari.ac.id/803/. diakses pada 20 Februari 2023 pukul 09:00.
Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Uwiringiyimana, J. P., & Mahayana, I. (2021). Adiksi Media Sosial dan Gadget bagi Pengguna Internet di Indonesia. Techno-Socio Ekonomika, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.32897/techno.2021.14.1.544
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 80–86. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2020). Mengenal dan Mengantisipasi Hoax di Media Sosial pada Kalangan Pelajar. Jurnal Abdi MOESTOPO, 3(1), 9–12. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/abdimoestopo/article/viewFile/1361/683
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Khoiriyyah, F., Thohari, M. I., & Jazari, I. (2019). Pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar sisiwa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 185–190.
Khumaero, lathifah alKhumaero, & Arie, S. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698–710.
Koentjaraningrat. (1974). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Gramedia Pustaka Utama.
Kuncoro, eri dkk. (2009). Life on blackberry. Multikom.
Lastoe, Stacy. 2020. “This Is Nuts: It Takes Nearly 30 Minutes to Refocus After You Get Distracted“. https://www.themuse.com/advice/this-is-nuts-it-takes-nearly-30-minutes-to-refocus-after-you-get-distracted. diakses pada 20 Februari 2023 pukul 08:20.
Maharsi, S. (2000). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.9744/jak.2.2.pp.127-137
Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif, 16(1), 62–67.
Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.
Mulyawati, Y., Sumardi, & Elvira, S. (2019). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01–14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980
Prijodarminto, S. (1994). Disiplin Menuju Sukses. Pradaya Paramita.
Purnama, H. (2011). Media Sosial di era pemasaran 3.0. Corporate and marketing Communication. Pusat Studi Komunikasi Dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Ssosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18–29.
Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Ber-Social Media. Elex Media Komputindo.
Septiani, G. (2020). Pengaruh lingkungan bagi kecerdasan siswa secara intelektual, emosional, sosial dan spiritual. Al Hikmah: Journal Of Education, 1(1), 47–58. http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/Alhikmah/index
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.
Sulhan. (2019). Pengaruh Media Internet Sebagai Sumber Informasi Bagi Pelajar Di SMK Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 1(1), 57–66.
Suryaningsih, A. (2020). Dampak media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.45
Taaraungan, F., Wenas, J. R., & Mangobi, J. U. L. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial pada kehidupan sehari-hari terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35931/pediaqu.v1i4.32
Tolok, T. K., Data, A., & Saragih, F. (2023). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Nubatukan. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 3, 119–126.
Walten, E., Yewang, M. U. K., & Simanungkalit, E. B. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa SMA swasta reformasi plus Noelbaki. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–7.
Wanto, A., Suhendro, D., & Windarto, A. P. (2018). Pelatihan dan Bimbingan dalam Pemanfaatan Internet yang Baik dan Aman bagi Pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun. 9(2), 149–157.
Wibisino, T., & Mulyani, Y. S. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.37058/jem.v4i1.690
Wibowo, A., & Febrianto, R. A. (2020). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal TIKomSiN, 8(1), 67–73.