Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 3 Kupang
Abstract
Hasil belajar Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 3 Kupang yang rendah dikaitkan dengan minat siswa dan lingkungan keluarganya. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh timbal balik antara hasil belajar dengan lingkungan keluarga, serta hubungan hasil belajar dengan minat belajar, dengan menggunakan metodologi asosiatif kausal. 108 orang dari 432 siswa dijadikan sebagai sampel. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain survei, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat tiga hal yang mempengaruhi hasil belajar minat belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersamaan. Oleh karena itu, hasil belajar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan minat siswa.
Downloads
References
Anggraeni, B. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 42–52.
Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika, 11(1), 41–62. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Aryanthi, K. D., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Air Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Media Komunikasi FPIPS, 17(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i1.22215
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Habibah, E. E. U., & Trisnawati, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4668–4680. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3028
Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 240–246.
Hermawan, Y., Suherti, H., & Gumilar, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 8(1), 51. https://doi.org/10.25157/je.v8i1.3317
Jeslin, Y., Genjik, B., & Khosmas, F. Y. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Sma Wisuda Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(5), 2537–2544.
Joko, J., Nugraha, D., & Restiawati, R. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pena Edukasi, 10(1), 27–34. https://doi.org/10.54314/jpe.v10i1.1350
Nurasia, & Gustiani. (2021). Pengaruh Minat Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 433 Bajoe. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu: PELITA, 1(1), 16–27.
Padila, A. R., & Lylyana, A. (2025). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(5), 8811–8816.
Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86–98.
Parera, H. R., & Suyanto. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 165–177.
Putri, A. N., & Mufida, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Educatio, 2(1), 133–148. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Dampak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8108
Rostanti, N., Abolladaka, J., & Simanungkalit, E. F. B. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Self Efficasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Kupang. Journal Economic Education, Business And Accounting, 3(1), 233–241.
Sarjono, S., Zuhriah, F., & Hidayah, S. H. N. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 151–160. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.771
Then, W. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Harapan Bersama. Jurnal Cakrawala Mandarin, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.36279/apsmi.v3i2.76
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020).
Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING (Jurnal Program Studi PGRA), 6(1), 84–88.
Yulia Ekayanti, P., & Astawa, N. T. (2022). Pentingnya Motivasi dari Diri Sendiri pada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 377–387. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Yurnaliza, R., & Andayono, T. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 6(4), 2302–2306.