Pengaruh Minat Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kupang Tengah

  • Sandrina Gema Galgani Roko(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ari Data(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Erika Feronika Br Simanungkalit(3)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Minat belajar, Peran Orang Tua, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Abstrak: Topik pada penelitian ini ialah Pengaruh Minat Belajar Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kupang Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kupang Tengah. Yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu Kelas IPS 1 dan IPS 2. Metode penelitian  adalah pendekatan kuantitatif yang memusatkan perhatian pada korelasi sebab-akibat antara variabel-variabel tersebut. Dalam penelitian ini, populasi yang diteliti terdiri dari 75 siswa, dan sampel sebanyak 64 siswa. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket atau kuesioner yang berisi 38 pernyataan. Analisis data menunjukan bahwa minat belajar dan peran orang tua berpengaruh positif  terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kupang Tengah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M., & Napitupulu, S. (2021). Peran Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu ( JPPT ) 3 , (2) , Desember 2021 p . 138-152
Abineno, Carles, M. B., Yewangh, & U.K., M. (2022). Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA) Vol. 1, No. 1, April 2022. Journal Economic Education, Business And Accounting, 1(1), 49–54.
Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2019). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183–187. https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183
Boiliu, F. M. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4(1), 247–255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464
Djonomiarjo, T., & Patilanggio. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05, 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Djonomiarjo, T., & Patilanggio. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05, 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Khotimah, K. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. 7(1), 587–599. Jurnal Obsesi : Jurnal Perkembangan Anak USia Dini https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3832
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal 1, 40–48.
Kusmiati, S. (2024). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada MTS Negeri 36 Jakarta dan juga MTS Negeri. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.725
Lumbantobing, W. L. (2021). Pengaruh peran orang tua terhadap motivasi dan disiplin wilayah perbatasan. jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik 25(2),555–561. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1653
Mayasari, M. (2021). Laporan dan Evaluasi Penelitian. Alacrity : Journal of Education, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.24
Na, Z., Luthfi, E., & Ahsani, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. 12(Nomor 1).
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda 03, 42–46.
Nursalma, A., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh Waktu Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Omega: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 135–141. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.479
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 1(2), 17–22.
Pujiningrum, E., & Siswanto, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 2(1), 11.https://doi.org/10.51874/jips.v1i01.8 01.
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Shandra, Y. (2024). Yosi Shandra1 Strategi Untuk Meningkatkan Minat Belajar: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdiferensiasi Pada Ekonomi Kelas X (2020), Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 7(1) 1292-1299. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp 1292–1299.
Ula, W. R. R. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa dilihat dari Dampak Penggunaan Game Online. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1),89–100. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.669
Utami, A., Astriana, M., Walid, A., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2022). Analisis minat siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa. 11(1), 46–57.
Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9(3), 408–415.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

PlumX Metrics

Published
2024-11-07
How to Cite
Roko, S., Data, A., & Simanungkalit, E. (2024). Pengaruh Minat Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kupang Tengah. Journal Economic Education, Business and Accounting, 3(2), 251-163. https://doi.org/10.35508/jeeba.v3i2.17847

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.