Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kupang Tahun 2024
Abstract
Penelitian ini didorong oleh rendahnya kemampuan belajar yang kurang optimal dari siswa kelas X IPS di SMA Negeri 4 Kupang dalam mata pelajaran ekonomi. Fokus dari penelitian ini untuk mengidentifikasi sejauh mana kompetensi pedagogik guru mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian bersifat kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, dan penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 4 Kupang yang berjumlah 288 orang sebagai populasinya. Sebanyak 72 siswa dari kelas X IPS Cdan X IPS D dilibatkan sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling.Penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai alat utama untuk mengumpulkan data. Analisis data menghasilkan nilai thitung (13,649) >nilai ttabel (1,66691). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (HO) tidak diterima. Bukti yang diperoleh melalui penelitian ini menunjukkan penerimaan hipotesis alternatif, yaitu bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 4 Kupang.
Downloads
References
Asih, N. S., Sugiyo, & Suminar, T. (2022). Pembelajaran Sentra Media Looseparts Meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4581–44590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2561
Febriyanti, C., & Seruni. (2014). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161
Khofifah, S. N., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Studi Survey di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1928–1941. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5763
Kurniawan, E. P., & Hariyati, N. (2021). Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1112–1123.
Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 599–663.
Nur, I., & Mannuhung, S. (2022). Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Guru Berdasarkan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pada UPT SMA Negeri 1 Luwu Utara. Jurnal Pendidikan, 5(2), 98–108.
Nurrita, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Permatasari, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Kaliaman. Jote: Journal On Teacher Education, 3(3), 354–364.
Pratiwi, N. K., & Megiati, Y. E. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9174–9183. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/7712%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/7712/6357
Rostanti, N., Abolladaka, J., & Simanungkalit, E. F. B. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kota Kupang. Journal Economic Education, Business And Accounting, 3(1), 242–250.
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818
Shodiq, S. F. (2018). Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 216–225. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316
Yanto, A. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 53–57. https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.345
Zain, D. M., & Ludji, T. V. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Afektif Mata Pelajaran Bible Siswa Kelas 4 SD Kristen Charis, Tahun Ajaran 2019/2020. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i2.53