Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Kota Kupang

  • Alina Ose Langobelen(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ari Data(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Markus U.K Yewang(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Keterampilan Membuka Pelajaran, Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan, Keterampilan Menutup Pelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini ditunjukkan untuk mengidentifikasi secara kuantitatif hasil pencapaian pembelajaran siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota Kupang melalui 5 faktor: keterampilan memulai pelajaran, pemaparan materi, pengajaran kelompok kecil dan individu, penutupan pelajaran, serta semangat belajar siswa. 209 siswa dari kelas XI IPS merupakan populasi penelitian. Purposive sampling digunakan dalam pendekatan kuantitatif, menghasilkan 102 sampel. Regresi berganda digunakan untuk menganalisis data dengan SPSS. Temuan riset mengungkapkan bahwa kecapakan memulai pelajaran memiliki efek signifikan dan positif dibuktikan nilai t hitung 2,438 (0,017<0,05). Demikian pula,  dengan nilai t hitung 3,128 (0,002<0,05) keahlian menjelaskan materi berdampak positif dan signifikan. Kemampuan mengajar grup kecil dan individu juga berpengaruh positif dan signifikan mempunyai nilai t hitung 7,573 (0,000<0,05), demikian juga dengan kemampuan menutup pelajaran dengan nilai t hitung 10,617 (0,000<0,05) serta dorongan belajar siswa memiliki nilai t hitung 9,112 (0,000<0,05). Lebih lanjut, ketika digabungkan, faktor-faktor ini secara signifikan dan positif memberikan dampak pada capaian belajar siswa dengan F hitung sebesar 85,981 (0,000<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abor, S. K., Yewang, M. U. K., & Loe, A. P. (2024). Pengaruh Kreativitas Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Amanuban Tengah. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 3(1), 230–241.
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91
Djollong, A. F. (2014). Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. In Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam (Vol. 2, Nomor 1).
Feronita, A., & Harnanik, M. (2015). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus tentang Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran Surat Menyurat Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Palebon Semarang). Economic Education Analysis Journal, 4(2), 256–263. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Gumanti, D., Respita, R., & Teza, S. D. (2023). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dalam Pembelajaran Online. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1174–1190.
Gumohung, A. M., Moonti, U., & Bahsoan, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.37479/jeej.v3i1.8312
Irwitadia Hasibuan. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.
Khairinal, Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan dan iImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Lestari, S. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran M-APOS Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Kalkulus II. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 6.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745–751.
Mariah. (2022). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Historia Vitae, 02(02), 67–72.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.
Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.
Pratiwi, E., Nugraha, M. T., Zulkifli, & Nurhidayah, V. A. (2024). Keterampilan Guru Dalam Membuka Dan Menutup Pembelajarandi Kelas Xi Ilmu Agama Islam (Iai) Man 1 Pontianak. Jurnal Review Pendidikana dan Pengajaran, 7(2), 2655–6022. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Purwanto, E. S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara.
Reni Anggraeni, Khairun Nisa, H. (2023). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Journal Of Classroom Action Research (JCAR), 5(4), 32.
Rohmayanti, F., Yulistio, D., & Utomo, P. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Kecil Dan Perorangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Di Sma Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7343
Roro, M., & Wahyulestari, D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 199–210.
Sabela, I. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil. JuDha_PGSD: Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 46–56.
Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar dan Komunikasi Interpersonal Guru sebagai Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa ( Teachers Teaching Skills and Student Learning Motivation as a Determinant of the Learning Skills ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144–153. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3), 1–18. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i3.6031
Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi Volume, 18(1), 25–30.
Saud, U. S. (2012). Pengembangan profesi guru.
Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1–5.
Slameto. (2010). belajar dan faktor yang mempeng.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Supriatna, E., & Wahyupurnomo, A. M. (2015). Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 67–73.
Suryati, I., & Fitrayati, D. (2016). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1–9.
Syah, R. M., & Imamuddin, M. (2023). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru Matematika Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.53491/jumat.v1i1.496
Usman, H. (2013). Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan. Bumi aksara.
Wulandari, Y., Kurniah, N., & Delrefi D., D. D. (2019). Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Keterampilan Menjelaskan (Di TK Witri 2 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 49–53. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.49-53

PlumX Metrics

Published
2024-11-07
How to Cite
Langobelen, A., Data, A., & U.K Yewang, M. (2024). Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Kota Kupang. Journal Economic Education, Business and Accounting, 3(2), 295-313. https://doi.org/10.35508/jeeba.v3i2.17893

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.