Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Kupang
Abstract
Menganalisis bagaimana motivasi dan kedisiplinan belajar mempengaruhi hasil belajar siswa pada kelas ekonomi di SMA Negeri 2 Kota Kupang menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei merupakan metodologi yang digunakan. Seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 143 orang menjadi populasi penelitian, dan 105 orang dipilih secara acak dari masing-masing empat kelas (XI IPS 1, 2, 3, dan 4). Selain nilai hasil belajar yang diperoleh dari sekolah, informasi juga dikumpulkan melalui angket yang dirancang untuk mengukur tingkat kedisiplinan dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan Y = 26,053 + 0,164X1 + 0,465X2 dengan nilai R square sebesar 0,632 dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dengan signifikansi 0,000 > 0,05, uji F menunjukkan Fhitung = 87,452 > Ftabel 3,09. Temuan ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan disiplin belajar berdampak pada hasil belajar secara bersamaan. Secara khusus, motivasi belajar mendorong siswa untuk mencapai tujuan akademis mereka, sementara disiplin belajar membantu mereka menjadi lebih fokus dan penuh perhatian selama proses belajar. Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan saran kepada para pendidik dan lembaga pendidikan tentang cara meningkatkan metode pengajaran yang akan meningkatkan motivasi dan pengendalian diri siswa, sehingga menghasilkan hasil belajar yang lebih baik.
Downloads
References
A. Budiyani, Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 310–319. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.269
Abor, S. kristofel, Yewang, M. U. ., & Loe, A. P. (2024). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Amanuban Tengah. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 3(1), 230–241.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sisiwa MTS Iskandar Muda Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186.
Awaludin. (2021). Hubungan Disiplin dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Fikrah, 1, 63–73.
Bawazier, M. T., & Yuliastutik. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Perlaungan Waru Sidoarjo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(1), 135–149. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i1.68
Chaerunisa, Z., & Latief, J. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2952–2960. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1043
Denada, R. N., & Fitrayati, D. (2022). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pembelajaran Hybrid mada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurkami, 7(2), 123–133.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69–75. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627
Kusuma, Z. L., & Subkhan. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 164–171.
Mulyawati, Y., Sumardi, & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal, 3(1), 1–14.
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Math Locus: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Prasasty, A. T. (2017). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Bina Karya Insan Tangerang Selatan. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 65–74.
Retti, S., & Ernis, P. (2023). Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 7(1), 167–186. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.8047
Rudini, A., Ruslan, & Daud, F. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Biolearning, 08(2), 19–23.
S N Rahmadhani. (2019). Pengaruh Margin Laba Bersih dan Pengembalian Atas Ekuitas terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Barang Konsumsi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 170–175.
https://doi.org/10.31289/jab.v5i2.2795
Sakinah, N., Haryati, D. Y. T., & M.Si. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 379–384.
Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat , Modal , Motivasi dan Edukasi terhadap Minat dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Future Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 178–190.
Saragih, F., Nggandung, Y., Data, A., Loe, A. P., Abolladaka, J., & Lulan, Y. A. (2024). Pelatihan Refleksi Pembelajaran yang Bervariasi pada SMP Negeri 9 Kupang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana, 4(2), 18–28.
Saragih, F., & Simbolon, G. (2023). Gambaran Masyarakat tentang Pendidikan serta Kontribusinya. Jurnal Prodi PLS Universitas Nusa Cendana, 3(2), 49–54.
Sejati, A. E., Nasarudin, N., Karim, A. T. A., Sugiarto, A., Harianto, E., & Sarwan, S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Geografi secara Daring: Studi Siswa SMA Negeri 1 Samaturu, Sulawesi Tenggara. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 68–76. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.18863
Situmorang, S. A., Ritonga, M. N., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Minat Belajar Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 441–448.
Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Widiyanti, W., & Fitriani, D. (2017). Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok. Cakrawala, XVII(2), 132–138.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN), 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14