Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Kupang Timur
Abstract
Motivasi untuk belajar dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Timur yang secara kategori rendah menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari cakupan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari lingkungan di lingkup keluarga yang dihadapkan dengan motivasi belajar dari siswa kelas XI SMA Negeri I Kupang Timur. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal merupakan metodologi yang digunakan. Terdapat 180 siswa kelas XI IPS yang menjadi populasi penelitian. Ada 103 siswa dalam sampel penelitian. Purposive sampling ialah suatu metode yang dipergunakan untuk melakukan pengambilan sampel. Kuesioner berfungsi sebagai alat. Regresi linear sederhana menggunakan SPSS versi 29 digunakan sebagai alat untuk menganalisis data. Temuan uji hipotesis menunjukkan nilai thitung> ttabel (angka dalam tabel dengan besaran 60,875 > 1,98373) dan nilai signifikan (angka dalam tabel dengan besaran 0,000 < 0,05) Oleh karena itu, hipotesis alternatif yaitu lingkungan keluarga berpengaruh dihadapkan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Timur diterima.
Downloads
References
Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790/1969
Feri Supriyanto. (2022). Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Kerja pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Manajemen Kompeten, 5(1), 43. http://jurnal.stier.ac.id/index.php/mnjm/article/view/240
Gemma Sandrina, Ari Data, E. F. B. (2024). Pengaruh Minat Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kupang Tengah. JEEBA(Jurnal Economic Education, Business and Acounting), 3(2).
Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 240–246. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3365/2189
Harmawan Mulkhan, R., Iftayani, I., & Karsiyati. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Journal Psychosociopreneur, 1(2), 45–50. http://ppm.ejournal.id/
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Jenita, N. K. S., Astiti, N. P. Y., & Adhika, I. N. R. (2023). Pengaruh Job Description, Sistem Kerja dan Pelatihan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Gianyar. Jurnal Emas, 4(1), 81–93. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/6109
Melinda Rismawati, E. khairiati. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 295–306. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129
Novitasari, K. (2023). Kontribusi Keharmonisan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educasi:Jurnal Bimbingan Kongseling, 9(1), 42–51.
Ramadhani, C. P. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Karakter Siswa Program Keahlian Akutansi di SMK Negeri 1 Makassar. Jurnal Pendidikan Akutansi, 3(1), 6.
Ratunguri, Y., Supit, D., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5740–5746. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1262
Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607
Saputri, R. U., Aminuyati, & Achmadi. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi di SMKN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–12. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11132
Silvi Aqidatul Ummah, N. A. N. F. (2020a). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Ekonomi Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Silvi Aqidatul Ummah, N. A. N. F. (2020b). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84–88. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/624/504
Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828
Taofik, T., & Wangid, M. N. (2022). Hubungan Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Berbasis Agama terhadap Prestasi Belajar Siswa. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 136. https://doi.org/10.29210/020221320
Utami, D. S., Putri, S. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pentingnya Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2071–2082.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68.