Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 pada Materi Profesi melalui Media Flash Card di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya
Abstract
Abstrak:
Penyelidikan tindakan kelas (PTK) ini bermula dari penemuan isu yang timbul dalam proses pembelajaran bahan pekerjaan di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Dukuh Kupang 1. Pengamatan yang dilakukan pada tahap awal memperlihatkan bahwa peserta didik menemui kendala dalam mengerti konsep serta keterangan yang terhubung dengan aneka ragam jenis pekerjaan. Kejadian ini tergambar dari taraf keikutsertaan siswa yang tergolong rendah saat diskusi kelas, adanya kesukaran dalam merespons pertanyaan yang diajukan oleh pengajar, dan perolehan hasil belajar yang belum memenuhi harapan. Keadaan ini menandakan adanya kebutuhan mendesak untuk merancang serta menerapkan jalan keluar yang inovatif dan efektif, dengan tujuan utama untuk meningkatkan pemahaman serta capaian hasil belajar siswa dalam konteks bahan pekerjaan. Pusat perhatian dari penyelidikan ini adalah untuk menjajaki dan menerapkan pemakaian media kartu kilat (flash card) sebagai suatu bentuk campur tangan yang terencana. Campur tangan ini diharapkan sanggup secara signifikan meningkatkan hasil belajar akademik peserta didik kelas 1 dalam bahan pekerjaan di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Dukuh Kupang 1. Alasan pemilihan kartu kilat sebagai alat pembelajaran didasarkan pada sifatnya yang menonjol, yaitu wujudnya yang visual, ringkas, dan interaktif. Sifat-sifat ini diharapkan mampu membangkitkan minat serta perhatian siswa, memfasilitasi kemudahan dalam mengerti konsep-konsep yang diajarkan, serta meningkatkan kesanggupan siswa dalam menyimpan dan mengingat keterangan. Penyelidikan ini secara khusus menaruh perhatian pada cara pemakaian kartu kilat secara terencana dan terstruktur dapat memberi pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman siswa mengenai berbagai jenis pekerjaan, tugas-tugas yang dijalankan oleh tiap-tiap pekerjaan, dan peran yang dimainkan oleh pekerjaan-pekerjaan tersebut di dalam dinamika masyarakat.
Downloads
References
Athoillah, A., Hardiansyah, F., & Shiddiq, A. (2025). Pengaruh Media Flashcard terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 145–153.
Gultom, F. Y., & Mudiono, A. (2024). Penggunaan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(3), 288–294. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p288-294
Hasan, L. M. U., Adhimah, S., & Aziz, M. T. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini Menggunakan Kartu Bergambar di Desa Klatakan Situbondo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–14.
Hoerudin, C. W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Media Flash Card pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(1), 1–15.
Kamilah, N., & Furnamasari, Y. F. (2023). Peran Manajemen Pengelolaan Kelas terhadap Minat Beajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(3), 1–12.
Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801.
Mahmudah, M. (2016). Urgensi diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa MI/SD. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 116–129. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.107
Mayer, J. (2009). The growing interdependence between financial and commodity markets. United Nations Conference on Trade and Development.
Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2).
Nurana, S., Rosnaningsih, A., & Magdalena, I. (2024). Pengaruh Media Flash Card terhadap Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.32
Pambudi, A. S. P., Pratama, A. B., & Simanjuntak, N. M. (2024). Peranan Media Visual terhadap Peningkatan Kosakata Siswa SD kelas 1 di SDN Wonorejo 3 Surabaya. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 251–264. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.826
Piaget, J. (1972). Development and learning. Reading in Child Behavior and Development, 38–46.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPDSH : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 365–376.
Ranabumi, R., Rohmadi, M., & Subiyantoro, S. (2017). Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 5 Kediri. In Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 664–668.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Setiyani, N., Sumarno, S., & Ngatmini, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas I Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5220–5226. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1219
Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.
Tubagus, M., Mudzakir, M., Lubis, E. F. R., & Al-Amin, A.-A. (2024). Studi Komparatif Antara Pembelajaran Berbasis Proyek dan Metode Ceramah dalam Memperkuat Konsep Fisika Serta Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(3), 120–129.
Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3402–3416.
Wibisono, D. C. F., Sumeni, M., & Chasannatun, F. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas 2 SDN 02 Tawangrejo. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, 2(3), 1477–1485. https://doi.org/10.61966/ghiroh.v2i2.35
Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Kencana.