Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Health Wealth International (HWI) di Agen HWI Oebobo, Kota Kupang
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh berbagai dimensi kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Health Wealth International (HWI) di Agen HWI Oebobo, Kota Kupang. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif , perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas produk, termasuk performa, ketahanan, dan desain, guna menarik minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dengan otal responden sebanyak 40 orang. Analisis data digunakan dengan regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel kualitas produk (t hitung 2,141), kinerja (t hitung 2,769), daya tahan (t hitung 2,886), dan estetika (t hitung 3,419), berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai F sebesar 4,284 juga menunjukan adanya pengaruh secara simultan. Berdasarkan temuan tersebut, perusahaan disarankan untuk fokus pada peningkatan kualitas produk secara keseluruhan.
Downloads
References
Ariella, I. R. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” Performa: Jurnal Manajemen, 3(2), 215–221.
Dewi, nia safitri, & Prabowo, rokh eddy. (2021). Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, dan Gaya Hidup dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik di Kota Semarang. Prosiding, 711.
Farida, Y., Lamsah, & Periyadi. (2017). Buku Manajemen Pemasaran.
Garvin, D. A. (2023). on the Eight Dimensions of Quality.
Kosasih. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Karunia Prima Sejati di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4), 630–636.
Kotler, P. (2023). Manajemen Pemasaran.
Lotulung, P. V., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas Impor pada Masyarakat Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, 11(2), 561–572. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48635
Maharani, I. G. A. A., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Mina Cabang Dalung. Jurnal Bisnis Manajemen, 3(1), 275–285.
Mulyana, S. (2020). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195.
Novianti, L., & Sulivyo, L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Smartphone Made in China di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jurnal Cafetaria, 2(2), 15–27. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v2i2.354
Nurmin Arianto, G. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 688–707. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i3.1976
Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Roti Acong di Kawangkoan. (2024). Productivity, 5(2), 894–898. https://doi.org/10.35797/ejp.v5i2.54789
Putri, R. F. W., & Darmawan, D. (2023). Determinan Keputusan Pembelian Helm di Kota Surabaya: Harga, Citra Merek, Gaya Hidup, dan Kualitas Produk. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(4), 159–171. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.367
Rahardjo. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda pada Konsumen di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 331–341.
Sentosa, B., & Tsalisah, M. N. (2021). Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Batik Tenun Ikat (Studi Kasus Cv Paradila Parengan Maduran). Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Suari, M. T. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(1, 223.
Supriyadi, Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2024). Fitur Otonomi dan Akuntabilitas Manajemen Berbasis Sekolah.
Walangitan, T. K. T. M. T. O. (2022). Pengaruh Harga terhadap Penjualan Produk Nes-V HWI. Jurnal Unsrat, 3(4), 1–10.