Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Health Wealth International (HWI) di Agen HWI Oebobo, Kota Kupang

  • Elen Abolla Ata(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Jacob Abolla Daka(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Mises Boisana Carles Abineno(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kualitas Produk, Kinerja Produk, Daya Tahan Produk, Estetika Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh berbagai dimensi kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Health Wealth International (HWI) di Agen HWI Oebobo, Kota Kupang. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif , perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas produk, termasuk performa, ketahanan, dan desain, guna menarik minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dengan otal responden sebanyak 40 orang. Analisis data digunakan dengan regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel kualitas produk (t hitung 2,141), kinerja (t hitung 2,769), daya tahan (t hitung 2,886), dan estetika (t hitung 3,419), berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai F sebesar 4,284  juga menunjukan adanya pengaruh secara simultan. Berdasarkan temuan tersebut, perusahaan disarankan untuk fokus pada peningkatan kualitas produk secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2022). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Keuangan, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.52005/aktiva.v3i1.130

Ariella, I. R. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” Performa: Jurnal Manajemen, 3(2), 215–221.

Dewi, nia safitri, & Prabowo, rokh eddy. (2021). Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, dan Gaya Hidup dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik di Kota Semarang. Prosiding, 711.

Farida, Y., Lamsah, & Periyadi. (2017). Buku Manajemen Pemasaran.

Garvin, D. A. (2023). on the Eight Dimensions of Quality.

Kosasih. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Karunia Prima Sejati di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4), 630–636.

Kotler, P. (2023). Manajemen Pemasaran.

Lotulung, P. V., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas Impor pada Masyarakat Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, 11(2), 561–572. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48635

Maharani, I. G. A. A., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Mina Cabang Dalung. Jurnal Bisnis Manajemen, 3(1), 275–285.

Mulyana, S. (2020). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195.

Novianti, L., & Sulivyo, L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Smartphone Made in China di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jurnal Cafetaria, 2(2), 15–27. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v2i2.354

Nurmin Arianto, G. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 688–707. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i3.1976

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Roti Acong di Kawangkoan. (2024). Productivity, 5(2), 894–898. https://doi.org/10.35797/ejp.v5i2.54789

Putri, R. F. W., & Darmawan, D. (2023). Determinan Keputusan Pembelian Helm di Kota Surabaya: Harga, Citra Merek, Gaya Hidup, dan Kualitas Produk. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(4), 159–171. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.367

Rahardjo. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda pada Konsumen di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 331–341.

Sentosa, B., & Tsalisah, M. N. (2021). Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Batik Tenun Ikat (Studi Kasus Cv Paradila Parengan Maduran). Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Suari, M. T. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(1, 223.

Supriyadi, Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2024). Fitur Otonomi dan Akuntabilitas Manajemen Berbasis Sekolah.

Walangitan, T. K. T. M. T. O. (2022). Pengaruh Harga terhadap Penjualan Produk Nes-V HWI. Jurnal Unsrat, 3(4), 1–10.

PlumX Metrics

Published
2025-10-06
How to Cite
Abolla Ata, E., Abolla Daka, J., & Abineno, M. (2025). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Health Wealth International (HWI) di Agen HWI Oebobo, Kota Kupang. Journal Economic Education, Business and Accounting, 4(2), 463-474. https://doi.org/10.35508/jeeba.v4i2.22915

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.