PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

  • Asnat Cornelia Bani Bili UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Keywords: Metode Drill, Pembelajaran Akuntansi, Siklus akuntansi

Abstract

Mata kuliah dasar-dasar akuntansi adalah mata kuliah pada semester gasal yang diprogramkan setiap mahasiswa pendidikan Ekonomi FKIP Undana.  Mata Kuliah yang berisi perhitungan angka-angka dalam bidang keuangan harus diajarkan dengan metode yang tepat sehingga kemampuan yang diharapkan dapat tercapai. Metode Drill di terapkan dalam Penelitian Tindakan Kelas yang subyek penelitiannya adalah 32 Orang Mahasiswa Semester I Kelas A. Pelaksanaan dalam 2 siklus dengan tahapan pelaksanaannya dimulai dengan perencanaan, penerapan metode drill, pengamatan dan refleksi sebagai tahapan akhir. Berawal dari kondisi awal sebelum penerapan metode drill sebanyak 46 % saja mahasiswa yang mampu menyelesaikan pekerjaan akuntansi, karena itu melalui siklus Penelitian ini diperoleh hasil dari Siklus yang pertama adalah 56 % dan siklus yang ke-2 terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa sebesar 81 %.

References

Herlina, R., & Sibarani, C. G. G. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2), 194–198. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5016

Heryana, C., Jaryanto, & Ivada, E. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Drill dan Diskusi untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xb Akuntansi SMK Karanganyar. Jurnal Tata Arta, 3(2), 119–126. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/11525/0

Mulyadi, D. K. (2015). Tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa. Modul Akuntansi, 1–32.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Syifa S. Mukrimaa. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran (Beserta Aplikasinya). 57–58.

Ulfah, M. (2004). Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Dasar. 1–8.

Published
2022-04-09
How to Cite
Bani Bili, A. (2022). PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 1(1), 20-23. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/6529

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.