PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI
Abstract
Mata kuliah dasar-dasar akuntansi adalah mata kuliah pada semester gasal yang diprogramkan setiap mahasiswa pendidikan Ekonomi FKIP Undana. Mata Kuliah yang berisi perhitungan angka-angka dalam bidang keuangan harus diajarkan dengan metode yang tepat sehingga kemampuan yang diharapkan dapat tercapai. Metode Drill di terapkan dalam Penelitian Tindakan Kelas yang subyek penelitiannya adalah 32 Orang Mahasiswa Semester I Kelas A. Pelaksanaan dalam 2 siklus dengan tahapan pelaksanaannya dimulai dengan perencanaan, penerapan metode drill, pengamatan dan refleksi sebagai tahapan akhir. Berawal dari kondisi awal sebelum penerapan metode drill sebanyak 46 % saja mahasiswa yang mampu menyelesaikan pekerjaan akuntansi, karena itu melalui siklus Penelitian ini diperoleh hasil dari Siklus yang pertama adalah 56 % dan siklus yang ke-2 terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa sebesar 81 %.
Downloads
References
Herlina, R., & Sibarani, C. G. G. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2), 194–198. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5016
Heryana, C., Jaryanto, & Ivada, E. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Drill dan Diskusi untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xb Akuntansi SMK Karanganyar. Jurnal Tata Arta, 3(2), 119–126. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/11525/0
Mulyadi, D. K. (2015). Tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa. Modul Akuntansi, 1–32.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Syifa S. Mukrimaa. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran (Beserta Aplikasinya). 57–58.
Ulfah, M. (2004). Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Dasar. 1–8.