IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSA CENDANA SAAT PANDEMI COVID-19

  • Andri Paulus Loe UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Keywords: Problem Solving, Prestasi Belajar, kemampuan awal, kemampuan akhir

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini untuk menegtahui implemenatsi model problem solving dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang mengambil program mata kuliah Ekonomi Pembangunan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan juga Tes kempuan awal serta kemampuan akhir mahasiswa. Hasil tes kemapuan awal menunjukan bahawa dari 44 mahasiswa yang lulus 12 orang atau 27% dan 32 mahaiswa tidak tuntas 73%. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil tes akhir pada siklus I dan siklus II menjukan adanya peningkatan dimana dari hasil tes pada siklus I dari jumlah 44 mahasiswa yang tuntas 19 orang (43%), tidak tuntas 25 orang (57%). Hasil tes pada siklus II menujukan bahawa seluruh mahasiswa berjumlah 44 orang tuntas dalam tes akhir (100%). Berdasarkan hasil tes akhir tersebut dapat disimpulkan bahwa penearapan model pembelajaran problem solving ini dapat meningkatan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi UNDANA.

References

Abdul Majid. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Kemmis & Mc. Taggart. 2007. The Action Research Planner. Geelong: Deaken Univercity Press.

Mulyatiningsih E, 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem). Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.

Mulyono dkk, 2018. Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Group Penerbit CV. Adi Karya Mandiri

Paizaluddin, Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas

Sudjana.2000. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : RemajaRosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:Alfabeta.

Published
2022-04-09
How to Cite
Loe, A. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSA CENDANA SAAT PANDEMI COVID-19. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 1(1), 40-48. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/6637

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.