PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS 11 DI SMA NEGERI 1 KIKIM SELATAN
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan video pembelajaran seni tari dindin badindin siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Kikim Selatan. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kikim Selatan yang berjumlah 33 Orang. Dari hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha dapat diterima atau thitung > ttabel (44,64 > 1,694). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran seni tari siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Kikim Selatan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, Arsyad. 2007. “Media Pembelajaran”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Clarita Amalia Devi. 2014. SKRIPSI. Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) pada Siswa Kelas IV A Karangsari Kembaran Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.
Dian Ridhayani. 2018. SKRIPSI. Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Darussalam Medan.
Ellen Tinok Ranti, Siti Zubaedah. 2019. JURNAL. Implementasi Pembelajaran Tari Kreasi Dindin Badindin untuk Membentuk Kemandirian Anak Kelompok A2.
Gamal Thabroni. 2021. https://serupa.id/metode-penelitian-eksperimen/
Kamtini. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Regina. 2017. https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-tari/pengertian-seni-tari
Ria Iramadhani. SKRIPSI. Pembelajaran Seni Tari Menggunakan Media Audio Visual dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Ungaran.
Sapto, Haryoko. 2009. Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi @Elektro Vol. 5 No.1. ISSN 1829-989X.
Saragih, F., Saragi, C. N., & Manurung, L. W. (2022). Pengaruh kesiapan belajar terhadap kemandirian belajar pada masa pandemi covid 19 (Studi kasus penerapan kebijakan pembelajaran Tatap Muka Terbatas). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 7992–7999.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedarsono. 2002. Pengertian Seni Tari
Sudjana. 2009. Dalam kamus bahasa Indonesia (2001:895)
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Vanya Karunia Mulia Putri. 2016. Mengenali Tari Indang, Sumatera Barat.
https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/16/134947369/mengenal-tari-indang-sumatera-barat#google_
Yudrik, Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media.