PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS 11 DI SMA NEGERI 1 KIKIM SELATAN

  • Rachel Angelysca Universitas PGRI Palembang
  • Hasan Hasan
Keywords: video pembelajaran, tari indang

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan video pembelajaran seni tari dindin badindin siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Kikim Selatan. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kikim Selatan yang berjumlah 33 Orang. Dari hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha dapat diterima atau thitung > ttabel (44,64 > 1,694). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran seni tari siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Kikim Selatan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad. 2007. “Media Pembelajaran”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Clarita Amalia Devi. 2014. SKRIPSI. Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) pada Siswa Kelas IV A Karangsari Kembaran Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.

Dian Ridhayani. 2018. SKRIPSI. Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Darussalam Medan.

Ellen Tinok Ranti, Siti Zubaedah. 2019. JURNAL. Implementasi Pembelajaran Tari Kreasi Dindin Badindin untuk Membentuk Kemandirian Anak Kelompok A2.

Gamal Thabroni. 2021. https://serupa.id/metode-penelitian-eksperimen/

Kamtini. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Regina. 2017. https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-tari/pengertian-seni-tari

Ria Iramadhani. SKRIPSI. Pembelajaran Seni Tari Menggunakan Media Audio Visual dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Ungaran.

Sapto, Haryoko. 2009. Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi @Elektro Vol. 5 No.1. ISSN 1829-989X.

Saragih, F., Saragi, C. N., & Manurung, L. W. (2022). Pengaruh kesiapan belajar terhadap kemandirian belajar pada masa pandemi covid 19 (Studi kasus penerapan kebijakan pembelajaran Tatap Muka Terbatas). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 7992–7999.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedarsono. 2002. Pengertian Seni Tari

Sudjana. 2009. Dalam kamus bahasa Indonesia (2001:895)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Vanya Karunia Mulia Putri. 2016. Mengenali Tari Indang, Sumatera Barat.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/16/134947369/mengenal-tari-indang-sumatera-barat#google_

Yudrik, Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media.

Published
2022-10-31
How to Cite
Angelysca, R., & Hasan, H. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS 11 DI SMA NEGERI 1 KIKIM SELATAN. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 1(2), 49-54. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/7799

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.