PENGARUH EFIKASI DIRI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNDANA
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kemandirian belajar yang menekankan pada kemampuan siswa dalam mengambil inisiatif sendiri, merancang, melakukan, serta mengevaluasi kegiatan belajarnya pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi efikasi diri dan teman sebaya terhadap pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini didasarkan pada metode survei berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi berganda (SPSS 21) setelah melakukan kuesioner kepada 65 mahasiswa yang memberikan tanggapan. Berdasarkan analisis tersebut ditemukan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar yaitu . Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan besar pengaruh teman sebaya terhadap kemandirian belajar yaitu . Sehingga secara simultan penelitian ini juga menjelaskan pengaruh efikasi diri (self-efficacy) dan teman sebaya berpengaruh terhadap kemandirian belajar, di mana dalam hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan yakni. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan pengaruh yang yang positif signifikan.
Downloads
References
Arista, M., Sadjiarto, A., & Santoso, T. N. B. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Teman Sebaya terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(4), 7334–7344. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3499
Hadi, S., & Farida, F. S. (2013). Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Ungaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VIII (1), 38–44.
Hughes, R. (2008). Peer Learning, Self-Regulated Learning and Academic Achievement in Blended Learning Courses: A Structural Equation Modeling Approach. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Jeong, H., & Chi, M. T. H. (2007). Knowledge convergence and collaborative learning. Instructional Science, 35(4), 287–315. https://doi.org/10.1007/s11251-006-9008-z
Karmila, N., & Raudhoh, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 108–111. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2692
Saragih, F. (2020). Pengaruh lingkungan terhadap kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 62–72.
Saragih, F. (2020). The Influence of Parenting Style and Peers Group on Self-Efficacy and its Implications for Self-Regulated Learning. In International Conference on Educational Psychology and Pedagogy-" Diversity in Education"(ICEPP 2019) (pp. 76-79). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.085
Saragih, F., Saragi, C. N., & Manurung, L. W. (2022). Pengaruh kesiapan belajar terhadap kemandirian belajar pada masa pandemi covid 19 (Studi kasus penerapan kebijakan pembelajaran Tatap Muka Terbatas). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 7992–7999.
Sari, A. K., Muhsin, M., & Fahrur, R. (2017). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923–935. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20338
Schunk, D. H., & Pajares., F. (2005). Development of Academic Self-Efficacy. In Academic Press.
Sihotang, J. A. T., Ahman, E., & Rasto. (2020). Personal and Social Environment in Self-Regulated Learning. 399(Icepp 2019), 137–140. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.099
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Triansari, N., & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 101–116. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28697