UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI PENGERTIAN DAN MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Mind mapping (peta pikiran) atau peta konsep merupakan salah satu metode atau cara mengajar yang menumbuhkan kreativitas peserta didik. Dengan metode ini daya ingat siswa mengenai materi dapat lebih lama dan mudah disimpan. Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui peninngkatan hasil belajar pada materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional, dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk melihat kecendurungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil peneltian pada tahapan siklus I sebanyak 18 orang siswa atau 41% dari 44 orang siwa dinyatakan belum tuntas, hal ini disebabkan penggunakan model yang kurang tepat. Sedangkan siklus II hasil belajar semua siswa dinyatakan tuntas, hal ini menggambarkan dalam proses pembelajaran menggunakan model mind mapping pada siklus II berhasil. Dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional hasil belajar siswa meningkat.
Downloads
References
A’la, Miftahun. 2011. Quantum Teachin. Yogyakarta. Diva Press
Azwar, S. 2007. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Tes Prestasi Belajar Edisi ke 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basuki. Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian tindakan Kelas. 2009.Ponorogo : STAIN Ponorogo Press.
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara
Martinis, D, A. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruvistik. Jakarta: gaung Persada Press
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabete
Sanjaya,Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Group. Cet ke-3.
Sudiana, Nana. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Suharsimi, Arikunto dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wiriaatmadja,Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. 2006. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta.