UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI PENGERTIAN DAN MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

  • jacob abolladaka Undana
  • monica bellandina abolla
Keywords: Hasil Belajar, mind mapping, manfaat pendapatan nasional, metode pembelajaran

Abstract

Mind mapping (peta pikiran) atau peta konsep merupakan salah satu metode atau cara mengajar yang menumbuhkan kreativitas peserta didik. Dengan metode ini daya ingat siswa mengenai materi dapat lebih lama dan mudah disimpan. Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui peninngkatan hasil belajar pada materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional, dengan  menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk melihat kecendurungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil peneltian pada tahapan siklus I sebanyak 18 orang siswa atau 41% dari 44 orang siwa dinyatakan belum tuntas, hal ini disebabkan penggunakan model yang kurang tepat. Sedangkan siklus II hasil belajar semua siswa dinyatakan tuntas, hal ini menggambarkan dalam proses pembelajaran menggunakan model mind mapping pada siklus II berhasil. Dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional  hasil belajar siswa  meningkat.

References

A’la, Miftahun. 2011. Quantum Teachin. Yogyakarta. Diva Press

Azwar, S. 2007. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Tes Prestasi Belajar Edisi ke 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basuki. Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian tindakan Kelas. 2009.Ponorogo : STAIN Ponorogo Press.

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara

Martinis, D, A. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruvistik. Jakarta: gaung Persada Press

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabete

Sanjaya,Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Group. Cet ke-3.

Sudiana, Nana. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Suharsimi, Arikunto dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wiriaatmadja,Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. 2006. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta.

Published
2022-10-31
How to Cite
abolladaka, jacob, & abolla, monica. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI PENGERTIAN DAN MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 1(2), 66-78. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/8270

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.