FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI KELURAHAN FATUKBOT KECAMATAN ATAMBUA SELATAN KABUPATEN BELU

  • Maria Yosepha Sintia Kasa(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • jacob Abolladaka(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Erika Feronika Br Simanungkalit(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Tingkat Pendidikan, ekonomi keluarga, kondisi sosial, motivasi, aksebilitas

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan juga tersistem untuk mewujudkan keadaan belajar maupun sistem evaluasi yang baik dengan tujuan untuk menumbuhkan kemampuan yang ada pada diri seseorang. Dalam melaksanakan sistem pendidikan banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tingkat pendidikan. Untuk itu, peneliti tertarik untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan anak khususnya di Kelurahan Fatukbot Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu mengguanakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengupulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Social Situation dalam penelitian ini adalah anak yang berada pada Kelurahan Fatukbot Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu. Pada penelitian ini, untuk menganalisis data digunakan uji kredibilitas dan uji dependabilitas serta model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bisa disimpulkan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan anak di Kelurahan Fatukbot, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu ialah motivasi individu, motivasi orang tua, ekonomi keluarga, kondisi sosial serta aksebilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri Ilal Mahdi Sagala. 2019. “Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendidikan Anak Nelayan Ditinjau Dari Aspek Sosial Ekonomi Dan Lingkungan.”

Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Saragih, F. (2020). Pengaruh Lingkungan terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 62–72.

Ja’far Sidik. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kesadaran Pendidikan Jenjang SMA Dan Sederajat Di Dusun Nagrak Desa Sedong Kidul Kecamatan Sedong Cirebon.” Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Karomah, Siti. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Anak Di Desa Gondanglegi Dan Desa Sumber Agung Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali.” (saragih, 2021)

Manurung, L. W., Saragih, F., Saragi, C. N., & Manurung, Ul. (2012). The Effect of Applying Venn Diagram Strategy on Students’ Achievement in Reading Comprehension at the Twelfth Grade Students of SMK N 5 Medan. Jurnal Scientia, 1(1), 537–544. https://doi.org/10.24114/reg.v1i1.337

Mudyaharjo, Redja. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Rajawali Pers.

Mukhlis, A. 2011. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat Di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.” Universitas Negerii Semarang 2.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

RI, Peraturan Pemerintah. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

RI, Peraturan Pemerintah. 2008. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 47 Tahun 2008 Tentang Jajib Belajar.”

Sugiyono, Prof. Dr. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 11th ed. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Unnisa, erna khobir. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Anak Di DesaTulung Dan Pomah Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten.”

Zulkarnain, Zulkarnain, and Miranda Sari. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendidikan Anak Di Dusun Patre Desa Mangkung Kecamatan Praya Barat.” Society 10(1):53–69. doi: 10.20414/society.v10i1.1488.

PlumX Metrics

Published
2022-10-31
How to Cite
Kasa, M., Abolladaka, jacob, & Br Simanungkalit, E. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI KELURAHAN FATUKBOT KECAMATAN ATAMBUA SELATAN KABUPATEN BELU. Journal Economic Education, Business and Accounting, 1(2), 79-86. https://doi.org/10.35508/jeeba.v1i2.8699

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.