PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PADA UPTD SMP NEGERI 1 KUPANG
Abstract
Motivasi penelitian ini berasal dari rendahnya kemampuan mengajar mahasiswa PPL pada bulan pertama, namun seiring berjalannya waktu, mereka terus belajar dan dibimbing oleh guru pembimbingnya untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya. guru pamong di UPTD SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2021/2022 melihat kemampuan mengajar mahasiswa PPL. Jenis penelitian kualitatif yang menggunakan teknik deskriptif. Penelitian ini melibatkan 23 tanggapan dari guru pamong, wawancara merupakan dua instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data kualitatif. Sedangkan metode ilmiah miles dan huberman digunakan untuk pengolahan dan analisis data kualitatif deskriptif. Temuan studi menunjukkan bahwa kegiatan pra pembelajaran dilaksanakan dengan baik dengan persentase 100%, keterampilan menjelaskan dilakukan dengan baik dengan persentase 95,65%, keterampilan melakukan variasi dikategorikan baik dengan persentase sebesar 82,60%, dan kegiatan pembelajaran penutup dikategorikan baik. Hanya ada satu mahasiswa yang tidak melibatkan siswa dalam menyimpulkan materi pelajaran, dan ada lima mahasiswa yang tidak melakukan refleksi terhadap kegiatan penutup pelajaran.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, R. (2019). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Biologi FKIP UIR Di SMPN Sekecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Manurung, L. W., Saragih, F., Saragi, C. N., & Manurung, Ul. (2012). The Effect of Applying Venn Diagram Strategy on Students’ Achievement in Reading Comprehension at the Twelfth Grade Students of SMK N 5 Medan. Jurnal Scientia, 1(1), 537–544. https://doi.org/10.24114/reg.v1i1.337
Saragih, F., Saragi, C. N., & Manurung, L. W. (2022). Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Kemandirian Belajar pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Penerapan Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 7992–7999. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3659%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3659/3094
Saragih, F., & Simbolon, G. (2022). Apakah Faktor Internal Masih Relevan Dalam Menentukan Jurusan Kuliah ? Education For All: Jurnal Pendidikan, 1(April).
Saud, U. S. (2013). Inovasi Pendidikan, cet. 6. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. (2008). Statistik pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.