SURVEI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI BELAJAR SELAMA PERKULIAHAN DARING

  • Veramyta Maria Martha Flora Babang(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Maria Andriani Barek Ladjar(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Katharina Edeltrudis Perada Korohama(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, E-Learning, Edmodo, Zoom, dan Aplikasi Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi belajar selama masa perkuliahan daring. Aplikasi belajar yang digunakan yaitu E-Learning, Edmodo, dan Zoom. Ketiga aplikasi belajar ini diberikan selama semester genap tahun ajaran 2019/2020 kepada mahasiswa prodi Penjaskesrek dan Bimbingan dan Konseling dalam mata kuliah yang diampu oleh tim peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan factorial design 3x3 dan teknik pengambilan data menggunakan kuisioner yang diisi melalui google form. Tingkat kepuasan dibagi menjadi tiga indikator yaitu dimensi usability, dimensi information quality dan dimensi service interaction. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan tiap-tiap aplikasi belajar terhadap indikator kepuasaan. Pada Dimensi Usability aplikasi Edmodo memiliki Mean Rangking tertinggi sebesar 36.86, dan pada dimensi Information quality aplikasi E-learning memiliki Mean Rangking tertinggi sebesar 38.72, sedangkan pada Dimensi service interaction aplikasi E-learning pun memiliki Mean Rangking tertinggi sebesar 36.92. Maka dapat disimpulkan dari ketiga aplikasi belajar ini aplikasi E-learning memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap kepuasan mahasiswa

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

PlumX Metrics

Diterbitkan
2020-09-30