TINJAUAN PENGGUNAAN SARANA TENIS MEJA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUPANG
Abstrak
Berdasarkan batasan masalah maka merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana penggunaan sarana tenis meja Pendidikan Jasmani di SMA Negeri I Kupang. Dalam pelaksanaannya, pendidikan jasmani menggunakan praktek langsung dengan gerak tubuh atau aktivitas jasmani sebagai media utama untuk mencapai tujuan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kupang. Aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani ini dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran pada masing-masing cabang olahraga. Salah satu cabang olahraga yang biasanya diajarkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada sekolah formal adalah Tenis Meja. Tenis meja merupakan sebuah permaian yang sederhana. Tenis meja mulanya dikenal sebagai sarana hiburan ringan bagi masyarakat, tidak ada aturan yang bersifat baku/resmi tentang ukuran lapangan, pemukul, jaring/net, bola, serta perlengkapan-perlengkapan lainnya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dukumentasih. Dari hasil penelitian langsung, menyimpulkan bahwa saat proses pembelajaran harus membutukan seorang guru profesional yang bisa mengimplementasikan teknik dasar permainan tenis meja dalam pembelajaran penjas di SMA Negeri 1 Kupang. Oleh kareana itu, dibutukan peran dari pemerintah dalam menghadapi hal ini agar terciptanya proses pembelajaran yang efektif di SMA Negeri 1 Kupang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##