PENGELOLAAN PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL DI KOTA KUPANG (STUDI KASUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT OBOR TIMOR MINISTRY)

  • Gallex Simbolon(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: Pengelolaan, Program, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan program satuan pendidikan nonformal di Kota Kupang terutama pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Obor Timur Ministry yang dilihat dari beberapa aspek yakni perencanaan, pengorganisasiaan, penggerakan ,pengawasan dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode studi kasus digunakan dengan dengan berbagai pertimbangan  tentang suatu kasus dengan telaah lebih mendalam dan kesimpulannya tidak untuk generalisasi atau kesimpulan hasil penelitian tidak dapat berlaku atau terbatas untuk kasus lainnya.hasil penelitian ini menggambarkan beberapa asepek pengelolaan yang dilakukan oleh lembaga diantara (1) lembaga merancang program untuk memecahkan berbagai masalah yang ada pada masyarakat, (2) pengorganisasiaan lembaga memberikan pembagian wewenang dan tugas setiap divisi. Seperti penentuan tenaga pendidik, tutor yang sesuai dengan bidang keilmuan,(3) penggerakan ada beberapa perubahan jadwal sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan luar sekolah yang lebih fleskibel dibandingkan dengan layanan program pendidikan formal,(4)Lembaga melakukan monitoring dengan terlebih dahulu menetapkan standar pengukuran kemudian membandingkannya dengan realita dilapangan.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

PlumX Metrics

Diterbitkan
2021-09-10