Korelasi Empiris Pengaruh Pertambahan Sepeda Motor Dan Jumlah Penduduk Terhadap Angka Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Kupang

  • Sancho Baptista Soares(1)
  • Gusnawati Gusnawati(2)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Matheus M. Dwinanto(3)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pertambahan sepeda motor, Jumlah penduduk, Angka kematian

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh pertambahan sepeda motor dan jumlah penduduk terhadap angka kematian akibat kecelakaan sepeda motor di Kota Kupang dan untuk menentukan korelasi empiris pengaruh pertambahan sepeda motor dan jumlah penduduk terhadap angka kematian akibat kecelakaan sepeda motor di Kota Kupang. Hipotesa penelitian ini adalah dengan bertambahnya jumlah sepeda motor maka akan bertambah angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang digunakan untuk pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan mengenai pertambahan jumlah sepeda motor dan jumlah penduduk terhadap angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di kota Kupang, dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu semakin tingginya jumlah sepeda motor yang ada di kota Kupang mengakibatkan semakin bertambah angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Persamaan regresi polinomial dari hasil penelitian ini adalah Y = -2E-07x2 + 0,018x – 368,2 dengan nilai koefisien determinasi R2 = 0,999. Nilai koefisien determinasi ini mendekati angka 1 yaitu 99,9% dan dapat diartikan bahwa hubungan antara pertambahan jumlah sepeda motor dan angka kematian akibat kecelakaan sepeda motor (2007 sampai dengan 2010) memiliki hubungan yang kuat (dan terdapat sekitar 0,1% variasi yang tidak terjelaskan dengan sebab-sebab yang belum diketahui). Berdasarkan analisa dengan menggunakan eliminasi Gauss, maka korelasi empiris yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah F = 2,8973 V0,0015 P0,2334.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Caesarendra, W., dan Ariyanto, M., 2011, Panduan Belajar Mandiri MATLAB, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Destrianne, N., 2009, Arahan Desain Jalur Lalu Lintas Yang Aman Bagi Pengendara Sepeda (Studi Kasus: Pekerja Bersepeda di Jalan Raya Kaligawe Semarang), Tugas Akhir S1, Jurusan Perencanaan Wilayah Dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Fathonah, K., Elkhasnet, dan Dwi Prasetyanto, 2009, Pengaruh Pertambahan Sepeda Motor Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Bandung, Simposium XII FSTPT 14 November, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Langley et.al, 1994, Mannering dan Grodsky, 1995, Pengaruh Pertambahan Sepeda Motor Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Bandung, Simposium XII FSTPT 14 November, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Kreyszig, E., 1993, Matematika Teknik Lanjutan, Alih Bahasa Bambang Sumantri, Edisi Keenam, Buku Satu, Gramedia, Jakarta.

Nazir, M., 1988, Metode Penelitian, Cetakan Ketiga, Penerbit Ghalia, Jakarta.

Sutantra, I N., 2001, G. D. Jacoba dan I Sayer, Teknologi Otomotif (Teori dan Aplikasinya), Cetakan Pertama, Edisi Pertama, Penerbit Guna Widya, Surabaya, hal. 9 – 14.

Wedagama, D. M. P., 2009, Predicting The Influence of Accident Related Factors on Motorcycle Fatal Accidents Using Logistic Regression (Case Study : Tabanan, Bali), Jurnal Teknik Sipil Vol. 16, No. 1, hal. 29

PlumX Metrics

Published
2018-12-04
How to Cite
Soares, S., Gusnawati, G., & Dwinanto, M. (2018). Korelasi Empiris Pengaruh Pertambahan Sepeda Motor Dan Jumlah Penduduk Terhadap Angka Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Kupang. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 1(1), 31-37. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v1i1.432
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.