Analisa Pengaruh Jenis Mechanical seal terhadap Unjuk Kerja Pompa Sentrifugal

  • Sehat Abdi Saragih(1)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Mechanical seal, Pompa sentrifugal, Efidiensi, Daya

Abstract

Abstrak

Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang dihasilkan dari sisa-sisa hewan atau fosil yang telah mati dan tertimbun selama berjuta-juta tahun yang lalu. Dalam waktu yang sangat lama bahan-bahan tersebut tertimbun oleh bebatuan sedimen, dan akibat dari proses kimia dan fisika serta adanya tekanan dan temperatur yang tinggi maka terbentuklah minyak mentah. Minyak mentah yang terdapat didalam perut bumi tidak keluar dengan sendirinya, untuk itu diperlukan alat  pendukung yang tepat digunakan seperti pompa. Pompa yang dimaksud disini adalah pompa yang digunakan untuk menginjeksikan air panas kedalam perut bumi. Pompa yang sering digunakan adalah pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal memiliki salah satu komponen yang penting yaitu mechanicalseal. Mechanical seal adalah suatu komponen dalam sebuah konstruksi pompa yang berfungsi sebagai penghalang atau pengeblok keluar masuknya cairan, baik itu fluida proses maupun pelumas. Penggunaan jenis mechanical seal yang tepat sangat penting bagi unjuk kerja pompa sentrifugal. Untuk itu perlu diteliti pengaruh jenis mechanical seal terhadap unjuk kerja pompa sentrifugal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis mechanical seal terhadap unjuk kerja pompa sentrifugal. Selain itu untuk mengetahui jenis mechanical seal yang paling baik unjuk kerjanya. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan menguji pompa sentrifugal yang menggunakan jenis mechanical seal plan 11, plan 21, dan plan 23. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa jenis mechanical seal memiliki pengaruh terhadap unjuk kerja pompa sentrifugal. Jenis mechanical seal yang paling baik unjuk kerja pompa sentrifugalnya adalah jenis mechanical seal Plan 23. Dimana jenis mechanical seal plan 23 memperoleh effisiensi yang paling tinggi dari jenis mechanical seal yang lain, yaitu sebesar 70 %. Sedangkandaya pompa yang diperoleh paling rendah dari jenis mechanical seal yang lain, yaitu sebesar 135 HP. Dan untuk temperaturnya mechanical seal ini paling rendah, yaitu sebesar 84,2 F.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Church, H. Austin,1990, “Pompa & Blower Sentrifugal”, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dietzel, Fritz,1990, “Turbin, Pompa & Kompresor”, Penerbit Erlangga, Jakarta .Multi Sarana Ilmu,2005, “ Sentrifugal Pump, Operation And Maintenance” Jakarta.

Jat Matley and The staff of chemical engineering, “Fluid Movers Pumps, Compressors, Fans And Blowers” McGraw-Hill Publications.

Karrasik J. Igor,1976, “Sentrifugal Pump Construction Major Components 2nd Edition Mc Graw”, Hill Book Copany, New York.

Streeter, L. Victor & Wylie E. Benjamin, 1990,“ Mekanika Fluida”, Penerbit Erlangga, cetakan kedua.

Sularso & Tahara, Haruo,1991, “Pompa dan Kompresor”, Penerbit PT. Pradaya Paramitha, Jakarta.

PlumX Metrics

Published
2018-12-06
How to Cite
Saragih, S. (2018). Analisa Pengaruh Jenis Mechanical seal terhadap Unjuk Kerja Pompa Sentrifugal. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 1(2), 66-71. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v1i2.450
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.