Studi Eksperimental Pengaruh Diameter Katup Limbah dan Diameter Katup Pengantar terhadap Efisiensi Pompa Hidram 3 Inchi

  • Muhamad Jafri(1)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Jefri S. Bale(2)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0000-0001-9946-8110
  • Alionvember R. Thei(3)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Diameter katup limbah, Diameter katup pengantar, Efisiensi pompa

Abstract

ABSTRAK

Pompa hidram merupakan suatu alat yang digunakan untuk menaikan air dari tempat bertekanan rendah ke tempat bertekanan tinggi secara automatic dengan energi yang berasal dari air itu sendiri. Mekanisme kerja pompa hidram adalah melipat gandakan kekuatan pukulan air dalam tabung udara, dimana terjadi perubahan energi kinetic air menjadi tekanan dinamik yang menimbulkan palu air. Tekanan dinamik akan diteruskan ke dalam tabung udara yang berfungsi sebagai penguat. Penelitian mengenai pompa hidram telah banyak dilakukan, akan tetapi masih banyak pula yang perlu dikaji sehingga pengetahuan tentang perencanaan pompa hidram akan lebih baik. Dari pengujian dan analisis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa variasi diameter katup limbah dan diameter katup pengantar sangat berpengaruh terhadap kinerja pompa hidram. Efisiensi tertinggi terdapat pada variasi diameter katup limbah 2,75 inchi pada diameter katup pengantar 2,2 inchi sebesar 67,66 % untuk efisiensi D’Aubuisson, dan 65,35 % untuk efisiensi Rankine. Sedangkan efisiensi terendah terdapat pada variasi diameter katup limbah 2,25 inchi dengan diameter katup pengantar 0,6 inchi sebesar 36,14 % untuk efisiensi D’Aubuisson, dan 33,80 % untuk efisiensi Rankine, yang tidak jauh berbeda pada diameter katup limbah 2 inchi dan katup pengantar 0,6 inchi sebesar 36,28 % untuk efisiensi D’Abuisson dan 33,93 % untuk efisiensi Rankine.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M. Michael,. S. D. Kheper, 1997, Water Well Pump Engineering, McGraw Hill Publishing Compact Limited, New Delhi.

A. Ireng, Sigit., Julian, Alfajar, 2004, Pompa Hidram Untuk Kebutuhan Petani di Daerah Berbukit, Traksi, 2,1.

Gan, S.S,. Santoso, G,.2002. Studi Karakteristik Tabung Udara dan Beban Katup Limbah Terhadap Efisiensi Pompa Hydraulic Ram.Jurnal Teknik MesinVol.4 No.2 (81 – 87).

Hanafie, J,. de Longh, H,. 1979. Teknologi Pompa Hidraolik Ram Buku Petunjuk Untuk Pembuatan dan Pemasangan. PTP-ITB Ganesha, Bandung.

International Development Research Centre, 2005, Designing a Hydraulic Ram Pump, USA.

Jafri, M,. Gusnawati,. 2015, Optimasi Pompa Hidraulik Ram (Hidram) 3 Inchi sebagai Teknologi Tanpa Energi Listrik dan Bahan Bakar Minyak, Penelitian Hibah Bersaing, Jurusan Teknik Msin, Universitas Nusa Cendana, Kupang.

Jeffery, T, D,. dkk,. 2005, An Introduction to Hydraulic Ram Pumps (And The DTU Range), The Departement Tecnology Unit – Warwick University MDG Publishing, Warwickshire.

Made Suard, dkk 2008. Made, S, dan Irawan, I.K.G,. 2008. Kajian Eksperimental Pengaruh Tabung Udara Pada Head Tekanan Pompa Hidram. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM Vol.2 No.1 (10 – 14).

Munson, R. Bruce., dkk, 2004, Mekanika Fluida, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Munson, B.R,. Young, D.F,. Okiishi, T.H,. 2005. Mekanika Fluida. Erlangga, Jakarta.

Waroni, Rofit, 2009, Perancangan dan Pembuatan Pompa Hidram untuk Desa Kluwih Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan, Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Surabaya.

Siahaan, Parulian., Tekan, Sitepu, 2013, Rancang Bangun dan Uji Eksperimental Pengaruh Variasi Panjang Driven Pipa dan Diameter Air Chamber Terhadap Efisiensi Pompa Hidram, Medan : USU, Jurnal Dinamis, II, 12.

Silla, Charles., dkk. 2014, Pengaruh Diameter Tabung Udara dan Jarak Lubang Pipa Tekan Dengan Katup Pengantar Terhadap Efisiensi Pompa Hidram, Jurnal Teknik Mesin Undana, 1, 2.

Sugiono,. 2008. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R & D. Alfabeta, Jakarta.

Sularso,. Tahara, H,. 2004. Pompa Dan Kompresor Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan. Pradya Paramita, Jakarta.

Tessema, A.A,. 2000, Hydraulic Ram Pump System Design And Application, ESME 5th Annual Conference on Manufacturing and Process Industry.

Wahyud, S. Imam., Fauzi Fahrudin, 2008, Korelasi Tekanan dan Debit Air Pompa Hidram Sebagai Teknologi Pompa Tanpa Bahan Bakar Minyak, Semarang: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UNISSULA.

Wirawan, IKG dan Suarda, Made., 2008, Eksperimental Pengaruh Tabung Udara Pada Head Tekanan Pompa Hydram. Journal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Udayana, Bali.

White, Frank M., Manahan Hariandja. 1988. Mekanika Fluida (Terjemahan). Jilid II, Penerbit Erlangga, Jakarta.

PlumX Metrics

Published
2018-12-07
How to Cite
Jafri, M., Bale, J., & Thei, A. (2018). Studi Eksperimental Pengaruh Diameter Katup Limbah dan Diameter Katup Pengantar terhadap Efisiensi Pompa Hidram 3 Inchi. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 3(1), 55-64. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v3i1.465
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.