Pengaruh Diameter Katup Limbah dan Jarak antara Katup Limbah dengan Katup Penghantar terhadap Efisiensi Pompa Hidram

  • Mohamad Fajri(1)
  • Muhamad Jafri(2)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Erich U. K. Maliwemu(3)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0000-0002-0991-3872
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pompa hidram, Diameter katup limbah, Jarak katup, Efisiensi

Abstract

Abstrak

Pompa hidram merupakan suatu solusi bagi daerah yang tidak memiliki pembangkit listrik di daerahnya, karena tidak membutuhkan energi listrik atau bahan bakar untuk mengangkat air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi pompa hidram dengan Perubahan diameter katup limbah dan jarak antara katup limbah . Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dimensi pompa yang digunakan adalah 2 inchi, memiliki diameter pipa pemasukan 2 inchi dan diameter pipa pengeluaran 1 inchi. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa faktor perubahan diameter katup limbah dan jarak antara katup limbah dan katup penghantar berpengaruh pada efisiensi pompa. Efisiensi tertinggi dari hasil eksperimen pada pompa hidram pada diameter katup limbah 0.041 m dan jarak antara katup 0.130 m dengan efisiensi 79,7535 %  pada efisiensi D’Aubuission.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyanta, Y.A,. Taufik, I,. 2008. Studi Terhadap Prestasi Pompa Hidraulik Ram Dengan Variasi Beban Katup Limbah. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM Vol. 2 No. 2 (92 –96).

Gan, S.S,. Santoso, G,. 2002. Studi Karakteristik Tabung Udara dan Beban Katup Limbah Terhadap Efisiensi Pompa Hydraulic Ram. Jurnal Teknik Mesin Vol.4 No.2 (81 – 87).

Hanafie, J,. de Longh, H,. 1979. Teknologi Pompa Hidraolik Ram Buku Petunjuk Untuk Pembuatan dan Pemasangan. PTP-ITB Ganesha, Bandung.

Made, S,. Irawan, I.K.G,. 2008. Kajian Eksperimental Pengaruh Tabung Udara Pada Head Tekanan Pompa Hidram. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM Vol.2 No.1 (10 – 14).

Munson, B.R,. Young, D.F,. Okiishi, T.H,. 2005. Mekanika Fluida. Erlangga, Jakarta.

Sularso,. Tahara, H,. 2004. Pompa Dan Kompresor Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan. Pradya Paramita, Jakarta.

Widarto dan Sunarto, 1997, Membuat Pompa Hydram, Kanisius, Jakarta

PlumX Metrics

Published
2018-12-07
How to Cite
Fajri, M., Jafri, M., & Maliwemu, E. (2018). Pengaruh Diameter Katup Limbah dan Jarak antara Katup Limbah dengan Katup Penghantar terhadap Efisiensi Pompa Hidram. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 2(1), 55-60. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v2i1.488
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.