Analisis dan Aplikasi Kincir Angin Plat Datar Tipe Trapesium sebagai Penggerak Pompa Torak pada Sistem Sirkulasi Air Laut di Tambak Garam

  • Verdy Ariyanto Koehuan(1)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana http://orcid.org/0000-0003-1204-8776
  • Suliha N. I. Neonufa(2)
    Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Kristomus Boimau(3)
    Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kincir angin, Petani garam, Torsi, Pompa torak, Airkulasi air laut

Abstract

ABSTRAK

Analisis dan aplikasi pompa torak dan kincir untuk sistem sirkulasi air laut di tambak garam dilakukan dengan kondisi desain kincir angin plat datar tipe trapezium adalah diameter rotor 2,25 m digunakan sebagai penggerak pompa torak sistem kerja tunggal yang panjang langkahnya 12 cm dan diameter silinder 2,5 inch dari bahan pipa PVC untuk sirkulasi air laut dalam tambak garam dengan debit pompa 0,5 liter/detik. Analisis pompa dan kincir angin untuk diketahui karakteristik torsi dari sistem yang telah dipasang. Dalam penelitian ini, prosedur untuk menghitung parameter desain kincir angin dan pompa didasarkan pada optimasi torsi yang disediakan kincir angin dan torsi yang dibutuhkan pompa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan torsi awal yang dibutuhkan kincir untuk menggerakan pompa adalah 21,4 Nm, lebih kecil dari yang dihasilkan kincir yakni 30,1 Nm yang artinya pompa sudah berkerja pada rasio kecepatan ujung blade 0,7 dan kecepatan angin 2,7 m/s. Pada sistem sirkulasi air garam di tambak garam ini telah terpasang empat buah unit kincir dan pompa, masing-masing dua unit pada sisi pemasok air dan dua unit pada sisi sirkulasi. Jadi dengan kapasitas aliran 2 x 0,5 liter per detik atau 60 liter per menit pada meja ulir, akan mengurangi biaya yang dikeluarkan para petani untuk membeli bahan bakar untuk menggerakan pompa diesel yang biasanya mereka gunakan dalam operasional tambak garam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djojodihardjo, H. & Molly, J. P., (1983). Wind Energy System, Penerbit Alumni, Bandung.

Eggleston, D. M. & Stoddard, F. S., (1987) Wind Turbine Engineering Design, Van Nostrand Reinhold, New York.

Hatakeyama M.F. Ebara., (2006). Effective Energy System for Preservation of the Environment, Short Course – Workshop, Fluid Machinery Laboratory ITB.

Nur Untoro, (2008). Desain Turbin Angin Penggerak Pompa Air, Paradigma Vol. 12 No. 1 Juni 2008, hal 1-8

Verdy Koehuan, (2006). Aerodynamic Design and Analysis of Wind Turbine Blade Propeller Type with Power 500 kW, Proceedings of the international conference on fluid and thermal energy conversion. Jakarta.

Verdy A. Koehuan, Aplikasi Turbin Angin Tipe Propeler Tiga Blade Untuk Pemompaan Air Dari Sumur Bor Sebagai Solusi Pemanfaatan Energi Alternatif

Untuk Irigasi, Media Exacta, Journal of Science and Engineering, ISSN : 1412-771, Volume 15 No. 2, Juli 2013, Hal :1673 – 1685.

PlumX Metrics

Published
2018-12-07
How to Cite
Koehuan, V., Neonufa, S., & Boimau, K. (2018). Analisis dan Aplikasi Kincir Angin Plat Datar Tipe Trapesium sebagai Penggerak Pompa Torak pada Sistem Sirkulasi Air Laut di Tambak Garam. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 2(2), 65-72. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v2i2.501
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.