Desain dan Analisis Barrier Gate Otomatis Berbahan Komposit Serat Glass dan Serat Daun Gewang (Hibrid Polyester) pada Bagian Palang
Afrianus Serfano, Erich U.K Maliwemu, Ishak S. Limbong
Abstract
Barrier Gate is a stopping mechanism that has a function for the security of a place such as the entrance to an office or agency. The design and analysis of the construction of the automatic barrier gate made of glass fiber composite and leaf gewang fiber (hybrid polyester) aims to limit crowds so that safety and comfort are always maintained. This test uses software solidwork 2015. The results of the analysis of three variations of the crossbar components are, variation 1 with a maximum stress of 12.255 Mpa, variation 2 with a maximum stress of 10.217 Mpa and variation 3 with a maximum stress of 37.359 Mpa. Of the 3 variants, the one that produces the better stress is variant 3 with a length of 250 cm width 3 cm and a thickness of 4 cm which gets the largest with a value of 37.359 MPa. Static analysis of frame components with a length of 40 cm width 40 cm and a height of 100 cm, resulted in a maximum stress of 7.499 MPa and a maximum displacement of 0.134 mm.
Downloads
References
[2]. https://kupang.antaranews.com/berita/ 40301/artikel--mencegah-penyebaran- covid-19-dari-klaster-perkantoran-di- kota-kupang. [Diakses 20 november 2020].
[3]. Mukthar, Agus., Styoadi, Yuris., Burhanuddin, Aan. 2017. Desain Dan Simulasi Frame Dan Body Kendaraan Konsep Urban Menggunakan Solidwork 2015CAD. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas PGRI Semarang.
[4]. Salafuddin, Hafizd. 2016. Desain Dan Analisis Kekuatan Pada Rangka Kendaraan Jenis Prototype Sesuai Standar Hell Eco Marathon Asia. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
[5]. Hariyanto, Puji. 2013. Desain Barrier Gate Dan Sistem Kontrolnya Untuk Sistem Parkir Ramah Lingkungan Berbasis Programmable Logic Control (Plc) Dan Scada. Jurusan Teknik Mesin Semarang.
[6]. Nayiroh,Nurun.2013. Teknologi Material Komposit.
[7]. http://nurun.lecturer.uin malang.ac.id/wpcontent/uploads/sites/7/2013/03/Material-Komposit.pdf. [Diakses 22 September 2020].
[8]. Adriati, Maya. 2016. Sintensis Dan Karakteristik Komposit Polyester Serat Daun Lonrtar Dengan Penambahan Variasi Kosentrasi Kalium Pemanggat (Kmno4). Program Studi S-1 Fisika Departemen Fisiska Universitas Airlangga.
[9]. Kurniadi, Dedi. 2018. Simulasi Kekuatan Mekanis Material Komposit Tempurung Kelapa Menggunakan Metode Elemen Hingga. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Medan Area.
[10]. Yuvenda, Dori. 2017. Analisis Kekuatan Pegas Pressure Reducer Sebagai Penurunan Tekanan Pada Mesin Duel Fuel. Jurusan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. 2 Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. [(Diakses Pada 19 Oktober 2020)].
[11]. Callister, Jr. William. D, 2007, Material Scince and Engineering An Introduction. United State of America. Quebeecor Versailles.
[12]. Sabuin, Adoniram., dkk. 2015. Pengaruh Temperatur Pengovenan terhadap Sifat Mekanik Komposit Hibrid Polyester Berpenguat Serat Glass dan Serat Daun gewang. Teknik Mesin Universita Nusa Cendana. Http://Ejournal- Fst- Unc.Com/Index.Php/LJTMU/Index. [Diakses Pada 19 Oktober 2020].
[13]. Teriandi, Gilang. 2019. Pengaruh Pembebanan Pada Papan Luncur Dengan Variasi Beban Menggunakan Perangkat Lunak Solidwork 2014. Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
[14]. Mubarok, Saiful. 2019. Pengaruh Variasi Material dan Beban Terhadap Tegangan dan Faktor Keamanan pada Desain Pencakar Inner Puller Bearing Berbasis Simulasi Menggunakan Solidworks. Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang